Perayaan dan Penyerahan Sertifikat Penetapan Warisan Budaya TakBenda 2015

0
835

Jakarta — Sebanyak 121 warisan budaya ditetapkan sebagai Warisan Budaya TakBenda Indonesia (WBTB) 2015. Penyerahan sertifikat penetapan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (MENDIKBUD), Anies Baswedan di Gedung Kesenian Jakarta, Selasa (20/10).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Kacung Marijan, Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Didik Suhardi, Plt. Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Harry Widianto, serta Gubernur dan Kepala Dinas terkait dari 34 provinsi di Indonesia.

nari

Dalam laporannya, DirJen Kebudayaan Kacung Marijan menyampaikan bahwa pada tahun 2015 ini seluruh provinsi di Indonesia mengajukan warisan budaya takbenda untuk ditetapkan.

“Tahun ini merupakan tahun ketiga penetapan Warisan Budaya TakBenda Indonesia dan tahun ini pula seluruh provinsi di Indonesia mengajukan budayanya untuk ditetapkan sebagai warisan budaya dengan total 121 warisan budaya yang ditetapkan,” ucap Kacung Marijan.

Apresiasi tinggi turut diberikan oleh Mendikbud Anies Baswedan. Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa setiap pemimpin provinsi dapat menjadi pemimpin serta pelindung kebudayaan setempat.

“Bangsa yang elok dipandang adalah bangsa yang berbalut budaya dan tradisi. Maka dari itu, setiap pemimpin provinsi diharapkan dapat menjadi pemimpin dan juga pelindung budaya lokal setempat,” ujar Anies Baswedan.

anies pidato

Malam penetapan dan penyerahan sertifikat Warisan Budaya TakBenda 2015 dimeriahkan oleh sejumlah penampilan budaya yang ditetapkan, seperti Palang Pintu, Tari Pakarena, Sinriliq, Wayang Weber, Joged Dangkong, serta ditutup dengan Ronggeng Deli dimana seluruh hadirin yang datang, termasuk Anies Baswedan menari bersama dalam alunan musik Melayu.

nari pejabat