Pameran 9 Tokoh Pendiri Boedi Oetomo

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pameran 9 Tokoh Pendiri Boedi Oetomo dibuka secara resmi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Nono Adya Supriyatno, di Museum Kebangkitan Nasional, Senin, 12 Mei 2014. Pameran ini berlangsung selama dua bulan hingga 12 Juli 2014. Turut memberikan sambutan Kepala Museum Kebangkitan Nasional, R. Tjahjopurnomo.

Boedi Oetomo adalah organisasi pergerakan nasional yang berdiri pada 20 Mei 1908. Pendirinya adalah para pelajar STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) atau Sekolah Dokter Jawa. Organisasi ini kemudian menjadi wadah perjuangan untuk membebaskan masyarakat dari kesengsaraan. Ke-9 tokoh itu adalah Soetomo, Mohammad Soelaiman, Gondo Soewarno, Goenawan Mangoenkoesoemo, R. Angka Prodjosoedirdjo, Mochammad Saleh, R. Mas Goembrek, Soeradji Tirtonegoro, dan Soewarno. Dari ke-9 nama, hanya dua tokoh Soewarno yang memiliki referensi sangat minim. Kini setiap 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Pembukaan pameran dihadiri sekitar 300 orang. Mereka berasal dari kalangan pelajar, komunitas, keluarga sembilan tokoh, dan para undangan lainnya.