Soeharto, Bapak Pembangunan

Presiden RI Ke-2 Soeharto

Bogor (8/6) Soeharto lahir di desa Kemusuk, Argomulyo, Godean, Yogyakarta, 8 Juni 1921, dari pasangan Kertosudiro dan Sukirah. Masa kecilnya dihabiskan di Kemusuk dalam kondisi yg pas-pasan, dengan bertani dan mencari belut untuk dimakan dirumah.

Soeharto diangkat menjadi Pejabat Presiden menggantikan Presiden Soekarno tanggal 12 Maret 1967. Pada tanggal 27 Maret 1968 diangkat menjadi Presiden. Program yg dilakukan Soeharto adalah Pembangun Lima Tahun atau Pelita. Program Swasembada Pangan, program keluarga berencana, Transmigrasi, intensifikasi pertanian dengan menyiapkan pupuk, irigasi, penyuluh dan koperasi. Kemudian pembangunan disegala bidang seperti Sekolah, puskesmas, industri strategis nasional dan jalan nasional. Waduk, embung, dan berbagai pengendalian banjir perkotaan.

Pada tahun 1983 Soeharto diangkat menjadi Bapak Pembangunan. Sebagai apresiasi terhadap keberhasilan Presiden Soeharto membangun Indonesia di segala bidang. Pada tahun 1998 Soeharto mundur dari jabatannya dan digantikan BJ. Habibie. Pada tanggal 27 Januari 2008 Presiden ke-2 Soeharo meninggal dunia di RS Pertamina dan dimakamkan di Astana Giribangun, Solo. (Sumber. Buku Presiden Indonesia 1945-2014)

Doni Fitra

 

Tinggalkan Balasan