Pameran MGTC di FIB UNDIP

0
569

PAMERAN BERSAMA
MUSEUMS GO TO CAMPUS: MERAWAT KEBIHINEKAAN, MEMAJUKAN KEBUDAYAAN

Pada tahun 2019 ini museum-museum di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelengarakan kegiatan pameran bersama (Museums Go To Campus) sebagai salah satu jenis program publik yang dilaksanakan oleh museum untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum. Pameran ini merupakan jenis pameran bersama yang dilaksanakan oleh museum-museum dan Unit Pelaksana Teknis lain di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, bersinergi dengan museum-museum yang ada di wilayah Semarang dan sekitarnya serta diikuti pula oleh Museum Perjuangan Rakyat Jambi.

Pembukaan Pameran Bersama MGTC dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2019 dimulai pukul 07:00 WIB bertempat di Gedung Serbaguna Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Pameran d Konsep pameran ini merupakan salah satu upaya mendekatkan museum kepada masyarakat, khususnya kalangan civitas akademik, utamanya mahasiswa sebagai generasi muda strategis yang akan berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk masa kini maupun masa-masa mendatang.
Tema yang dibawa dalam pameran bersama kali ini adalah “Merawat Kebhinekaan, Memajukan Kebudayaan”. Tema ini dibawa sebagai bentuk pendukungan terhadap Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan No. 5 Tahun 2017. Tema ini kemudian diterjemahkan dan disusun menjadi sebuah storyline yang akan digunakan untuk menampilkan materi pameran. Selama pameran berlangsung, akan diselenggarakan rangkaian kegiatan berupa Seminar Tokoh Presiden, Diskusi STOVIA, Workshop Fotografi, Workshop Membatik, Workshop Membuat Gerabah, pemutaran Bioskop Keliling, Workshop Membatik dan Membuat Gerabah, Mural Art, dan Kampanye Pelestarian Cagar Budaya.

Dengan dihelatnya Pameran Bersama dengan tema “Merawat Kebhinekaan, Memajukan Kebudayaan” beserta rangkaian acaranya, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat agar lebih mudah mendapatkan akses informasi dan pengetahuan mengenai hal-hal umum yang terkait dengan museum, nilai-nilai sejarah, dan memori kolektif bangsa, juga untuk menjalin kerja sama antara museum-museum dengan kampus, serta sebagai bentuk partisipasi konkret untuk mendukung program pemerintah di bidang penguatan karakter bangsa, pendidikan, dan pariwisata.

Museum-museum yang menjadi peserta pameran antara lain:
– Balai Arkeologi Yogyakarta
– Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah
– Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta
– Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta
– Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran
– Museum Basoeki Abdullah
– Museum Kepresidenan RI Balai Kirti
– Museum Kebangkitan Nasional
– Museum Nasional
– Museum Perumusan Naskah Proklamasi
– Museum Sumpah Pemuda
– Museum Batik Pekalongan
– Museum BPK Magelang
– Museum Perjuangan Rakyat Jambi
– Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah
– Museum Ronggowarsito

 

(EDS)

TINGGALKAN KOMENTAR