Koleksi Soekarno

Bintang Dharma

Bogor (25/9) Presiden Soekarno sebagai Presiden Pertama di Indonesia memiliki kharisma yang sangat membuat rakyat selalu mengelu-elukan namanya saat berkunjung ke daerah. Kharisma Soekarno ini masih terasa hingga saat ini dan masyarakat pun dapat merasakan bila berkunjung ke Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

Koleksi dari Presiden Soekarno yang akan ditampilkan kali ini adalah Bintang Dharma. Bintang Dharma adalah tanda kehormatan yang dianugerahkan kepada anggota TNI yang telah berjasa dan berbati untuk bangsa dan negara terutama dalam tugas militer dan juga kepada anggota bukan TNI sebagai penghargaan atas jasa-jasa luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI. Bintang Dharma ini berbentuk segi lima terbuat dari logam berwarna perak dengan bagian tengahnya berbentuk lingkaran dengan tulisan “DARMA JAYA” dan gambar padi dan kapas.

Pemberian Bintang Dharma diatur dalam UU No.65 tahun 1958 bersama-sama dengan aturan pemberian Bintang Sakti. Disebutkan di dalam UU bahwa Bintang Dharma setingkat lebih rendah daripada Bintang Sakti dan dapat diberikan berkali-kali untuk jasa dan bakti yang berbeda.