Museum Nasional Kunjungi SD di Cabangbungin

0
1457

Jakarta, 23 Agustus 2016

Museum Keliling 2016 ; Mengenal Sejarah Kebudayaan Indonesia Melalui Koleksi Museum Nasional

Museum Keliling merupakan program Museum Nasional yang telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai upaya untuk mensosialisasikan informasi budaya kepada generasi muda dan masyarakat umum, kali ini Museum Nasional bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi untuk mengunjungi SDN Lenggahjaya 01 di Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Acara ini digelar mulai 23 Agustus hingga 26 Agustus 2016, akan dihadiri oleh siswa/siswi dari 30 sekolah yang ada di Kecamatan Cabangbungin. Seperti tahun sebelumnya Museum Keliling diisi dengan kegiatan pendidikan kebudayaan berupa pameran koleksi museum, mendongeng, belajar membatik, mewarnai topeng, nonton film pendidikan hingga menjelajahi Museum Nasional secara virtual. Pada keesempatan ini Museum Nasional juga mendistribusikan buku-buku terbitan Museum Nasional untuk melengkapi perpustakaan sekolah.

UJG_4013UJG_4203

Pembukaan dimeriahkan dengan unjuk kebolehan para siswa dalam bidang seni budaya.Di hari pertama pelaksanaan museum keliling para siswa terlihat antusias dan aktif mengikuti rangkaian kegiatan, Museum Nasional sengaja menghadirkan prasasti Tugu yang secara historis berkaitan erat dengan masyarakat Cabangbungin, dahulu merupakan bagian dari wilayah kerajaan Taruma Negara. Para siswa merasa senang karena dapat melihat benda bukti sejarah denngan melihat langsung benda-benda yang selama ini hanya mereka lihat di dalam buku sejarah. Mereka senang dan bangga bahwa daerahnya merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah kebudayaan Indonesia.

UJG_3858UJG_3904

TINGGALKAN KOMENTAR