PERUNDINGAN ROEM-ROYEN

0
16992

Belanda menyadari bahwa Agresi Militer yang dilakukannya tidak memberikan manfaat dan justru menjadikan perlawanan rakyat Indonesia semakin meluas. Selain itu, dunia internasional melakukan tekanan kepada Belanda. Maka, tidak ada jalan lain selain mengikuti anjuran PBB untuk kembali ke meja perundingan.

Perundingan Roem Royen diadakan di Hotel Des Indes Jakarta dan dipimpin oleh Merle Cochran, delegasi RI diwakili oleh Mr. Muhammad Roem dan Belanda diketuai oleh Dr. JH. Van Royen. Perundingan berakhir pada 7 Mei 1949 dengan hasil: pemerintah RI termasuk para pemimpin yang ditawan akan dikembalikan ke Yogyakarta dan kedua pihak sepakat untuk melaksanakan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag.

Keikutsertaan pemerintah RI dalam perundingan selanjutnya bukan tanpa syarat. Pihak pemerintah RI menuntut agar Tentara Belanda ditarik dari wilayah Yogyakarta. Akhirnya Belanda menerima persyaratan tersebut. Pada 2 Juni 1949 pengosongan wilayah Yogyakarta dimulai di bawah pengawasan UNCI (United Nations Commisions for Indonesia).

Infografis oleh IG: @devaptr_12 (SMKN 40 Jakarta)

#munasprok #hariinidalamsejarah #todayinhistory #roemroyen #ᴅɪʀᴜᴍᴀʜᴀᴊᴀ

TINGGALKAN KOMENTAR