Siswa SDN Kemayoran 11 Pagi Jakarta Pusat Mengeksplor Museum Kebangkitan Nasional

0
776

Museum merupakan tempat untuk pembelajaran sekaligus tempat yang membuat pengunjungnya terhibur. Selain itu museum merupakan tempat yang paling ideal sebagai wadah kegiatan edutainment (education = pendidikan, sekaligus entertainment). Setiap museum mempunyai tanggungjawab pelayanan dalam bidang pendidikan kepada masyarakat. Dalam berbagai kesempatan, Museum Kebangkitan Nasional sering mendapatkan kunjungan dari berbagai sekolah mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan. Salah satunya, pada hari Kamis 19 September 2019 rombongan siswa kelas 4, 5 , dan 6 dari SD Negeri Kemayoran 11 Pagi Jakarta Pusat melakukan kunjungan ke Museum Kebangkitan Nasional.

Adapun jumlah rombongan sebanyak 100 orang dibagi menjadi dua kelompok untuk berkeliling museum didampingi dengan dua edukator yang siap melayani serta menjelaskan berbagai macam pertanyaan seputar koleksi yang dimiliki oleh Museum Kebangkitan Nasional. Siswa-siswi terlihat antusias menanyakan dan ingin tahu tentang berbagai koleksi yang ada di Museum Kebangkitan Nasional. Selain itu, para siswa juga berkesempatan untuk menonton film dokumenter yang membahas tentang sejarah STOVIA hingga kebangkitan nasional.

Para siswa terlihat antusias untuk berkeliling Museum Kebangkitan Nasional dan melihat koleksi-koleksi yang ada. Tidak jarang siswa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama. Mereka mencoba memaknai perjuangan para tokoh pendiri bangsa lewat pengenalan koleksi maupun tempat memorial yang ada di Museum Kebangkitan Nasional. Para siswa belajar bahwa pendahulunya pernah benar-benar bersatu untuk satu tujuan memerdekakan Indonesia, maka dari itu saat ini tugas mereka adalah untuk menjaga keutuhan dan persatuan bangsa Indonesia.