Gita Bahana Nusantara Akan Tampil Kembali Di Istana Merdeka Tahun Ini

0
2344
Gita Bahana Nusantara 2023

Gita Bahana Nusantara akan kembali tampil dalam perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, 17 Agustus 2023 mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, mempersiapkan talenta-talenta muda terbaik dari 34 provinsi yang akan menjadi anggota paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023.

Sebagai langkah awal, telah dilakukan rapat koordinasi dengan dinas-dinas penyelenggara audisi paduan suara di 34 Provinsi pada hari Selasa (7/3/2023) melalui ruang virtual. Rapat Koordinasi dibuka secara resmi oleh Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Irini Dewi Wanti. Dalam kesempatan tersebut, Irini Dewi Wanti menyampaikan bahwa GBN menjadi bentuk Indonesia mini dalam sebuah orkestra yang mengimplementasikan secara langsung nilai-nilai kehidupan bersama sebagai sebuah bangsa.

“Para peserta menjadi generasi muda yang bertemu dan bekerja sama mengemban tugas negara, yang menjadi masa depan bangsa,” ungkap Irini Dewi Wanti.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Kepala Biro Pengelolaan Istana, Sekretariat Presiden, Dharmastuti Nugroho, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gita Bahana Nusantara selalu menjadi suguhan yang menarik dalam perayaan HUT RI di Istana Merdeka setiap tahunnya.

Lebih lanjut Kepala Biro Pengelolaan Istana menyampaikan  bahwa  kehadiran Gita Bahana Nusantara dalam HUT ke-78 RI  mendatang diharapkan juga dapat memberikan suguhan yang lebih segar dengan warna baru. Terlebih, jika sesuai rencana, perayaan HUT RI ke-78 mendatang akan menjadi perayaan HUT RI terakhir yang diselenggarakan di Istana Merdeka Jakarta.

Mengawali pelaksanaan GBN 2023, sebagai tahap awal akan diselenggarakan audisi paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara melalui seleksi terbuka yang akan diumumkan melalui saluran media sosial Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek maupun Pemerintah Daerah.

Penyelenggaraan audisi akan diselenggarakan pada bulan Mei-Juli 2023. Pada kesempatan yang sama, juga akan diperkenalkan logo khusus menyambut 20 tahun GBN pada tahun 2023 ini. Selama 20 tahun penyelenggaraan GBN diharapkan menjadi wahana presentasi artistik yang mendendangkan kebinekaan Indonesia.