Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya pada tanggal 8 Maret 2017 melaksanakan kegiatan Sidang Verifikasi Dossier Pecak Silat di Ambhara Hotel, Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pengusulan nominasi ICH LIST UNESCO dimana sebelumnya telah dilakukan rapat kompilasi data hasil penelitian lapangan yang telah dilakukan oleh Tim pada tanggal 7 – 10 Februari 2017 di Swiss-Bell Hotel, Jakarta.

Dalam kegiatan ini, dossier dipaparkan dan dibahas kembali bersama dengan beberapa perwakilan dari Kementerian Pusat, Pemerintah Daerah, Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB), komunitas, praktisi, dan akademisi untuk mendapatkan masukan dan sudut pandang dari berbagai keilmuan. Tahapan akhir dari kegiatan ini adalah pengisian berkas persetujuan pendukungan nominasi Pencak Silat sebagai nominasi ICH LIST UNESCO 2017.

Tindak lanjut dari rapat ini adalah pada tanggal 9 Maret 2017 diadakan rapat penyempurnaan naskah draf dan setelah itu selama burat Maret 2017 akan diadakan kegiatan penerjemahan draf naskah ke dalam bahasa Inggris. Sebagai tindak lanjut terakhir yaitu pengiriman draf naskah Pencak Silat yang akan diajukan ke UNESCO dengan tengat waktu hingga tanggal 31 Maret 2017.

TINGGALKAN KOMENTAR