Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Tindak Lanjut Rekomendasi Komisi Kebenaran dan Persahabatan Republik Indonesia–Timor Leste (Pokja KKP RI – TL)

0
1995

Selasa, 31 Januari 2017 bertempat di Hotel Novotel Bogor, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud diwakili oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya menghadiri undangan rapat koordinasi kelompok kerja tindak lanjut rekomendasi komisi kebenaran dan persahabatan RI – Timor Leste (Pokja KKP RI – TL) yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri RI. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Dirjen Multilateral, Kemenlu. Peserta rapat dihadiri oleh Kemendikbud, Biro Hukum Mabes Polri, Kemenkopolhukam, Dubes Timor Leste, BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) serta perwakilan dari BPJS dan ASABRI. Rapat tersebut membahas tentang evaluasi, masukan dan identifikasi tindak lanjut pelaksanaan rekomendasi KKP untuk terus memperkuat hubungan bilateral Indonesia – Timor-Leste baik di tingkatan antar pemerintah maupun antar masyarakat kedua negara.

Pada kesempatan ini Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya yang diwakili oleh Subdit Diplomasi Budaya Luar Negeri memaparkan tentang Pemanfaatan Rumah Budaya Indonesia di Dili, diantaranya pembangunan fisik gedung PBI telah selesai dibangun tanggal 30 Desember 2015 dan mulai beroperasi Januari 2016. Bangunan seluas 5.700 meter persegi, terdiri dari: 6 lantai, termasuk basement dan atap. Pusat Budaya Indonesia dilengkapi dengan Rumah Pintar, ruang pameran, amphiteater, perpustakaan, mini theater, laboratorium komputer, hall pertemuan, ruang Forum Persahabatan Indonesia-Timor Leste dan ruang pendukung lainnya. 33 kegiatan telah dilaksanakan dari selama tahun 2016. Bentuk kegiatan terdiri dari: pameran kebudayaan, pelatihan Bahasa Indonesia (BIPA), workshop, seminar, peragaan busana, perlombaan. Pada tanggal 17 November 2016, telah dilakukan Serah Terima Barang Milik Negara dari Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dok. Rapat Pokja KKP RI – TL, 31 Januari 2017

Sedangkan pada tahun 2017 direncanakan terdapat 63 kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain:

  • Kegiatan Pembelajaran BIPA (Jan-Des 2017)
  • Kegiatan Pembelajaran PAUD (Jan-Des 2017)
  • Pemutaran Film (Jan-Des 2017)
  • Kelas khusus digital dan komputer (Feb-Des 2017)
  • Pameran Seni Budaya
  • Pementasan Seni Budaya
  • Lomba Penulisan, Pidato, Menggambar
  • Seminar Kebudayaan
  • Peringatan Hari Kemerdekaan RI, hari Batik
  • Bazzar
  • Pengadaan Gamelan Jawa dan Degung Sunda

Hasil akhir pada rapat ini memutuskan untuk terus melanjutkan rekomendasi KKP termasuk isu pending yang bersifat strategis dengan tetap mempertahankaan momentum KKP: aset, PNP, pusat dokumentasi, pusat peace building dan post conflict solution (forum persahabatan), pemanfaatan PBI, orang hilang dalam konteks reunifikasi, mendorong fasilitas di perbatasan bagi proses peningkatan rekonsiliasi kedua masyarakat.