Peserta Aubade dan Orkestra pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Jalani Latihan di Lubang Buaya

0
1447

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan mendapatkan kepercayaan untuk mengisi rangkaian upacara berupa aubade paduan suara dan orkestra. Acara kenegaraan yang bekerja sama dengan Sekretariat Negara RI ini tengah menjalani latihan selama 4 (empat) hari dari tanggal 27 – 30 September 2015 di Wisma Tanah Air Departemen Sosial, Cawang, Jakarta dan Gladi Bersih pada tanggal 29 September di Monumen Kesaktian Pancasila.

IMG_7010
 (Foto Persiapan Upacara Hari Kesaktian Pancasila)

Sebelum menjalani proses latihan, para peserta paduan suara dan orkestra telah menjalani proses audisi di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemdikbud pada 10 September 2015. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, didapatkan 5 (lima) sekolah dengan paduan suara terbaik di antaranya SMA 78 Jakarta, SMA Kristen 3 Penabur, SMA 39 Jakarta, SMA 49 Jakarta dan SMA 34 Jakarta. Untuk orkestra, dipercayakan oleh SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta.

Lagu-lagu yang akan ditampilkan pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2015 antara lain, Gugur Bunga, Pancasila Rumah Kita, Syukur, Bangun Pemudi Pemuda, Lestarikan Pancasila, Garuda Pancasila.

IMG_7011
 (Foto Sumur, Lokasi dikuburnya Jenazah Pahlawan Revolusi oleh PKI)

 Hari Kesaktian Pancasila merupakan suatu peringatan penghormatan peristiwa keganasan G 30 S PKI yang telah menewaskan putra-putri terbaik bangsa yakni Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani, Letjen. TNI Anumerta Suprapto, Letjen. TNI Anumerta S. Parman, Letjen. TNI Anumerta M.T. Haryono, Mayjen. TNI Anumerta D.I. Panjaitan, Mayjen. TNI Anumerta Sutoyo S, dan ditambah satu Perwira Pertama Kapten CZI TNI Anumerta Pierre Tendean.

Dengan adanya peringatan ini diharapkan para generasi muda pada umumnya, dan dalam hal ini khususnya peserta aubade dan orkestra dapat mengenal sejarah tentang lahirnya kesaktian pancasila yang merupakan jati diri Bangsa Indonesia melalui Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2015 di Monumen Kesaktian Pancasila.

E. Christisia Melati Putri