Nusantara Art Festival : Membangkitkan Kreativitas Anak Melalui Kesenian

0
1057

Jakarta – Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan Nusantara Art Festival  di Mojokerto bekerjasama dengan Ayo Dongeng, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur,  Dinas Pendidikan, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak, dan Paud Dikmas, pada tanggal 10 s.d 11 November 2018. Acara ini berlangsung cukup meriah, para peserta yang hadir terdiri dari Anak-anak Paud dan Taman Kanak-kanak  di Mojokerto.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 500 anak, guru pendamping dan orang tua murid. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 WIB s.d 13.00 WIB selama 2 hari, adapun aktivitas pada kegiatan ini dimulai dari mendengarkan dongeng,  yang disampaikan oleh: Giovanna Conforto, Richard Dian Vilar, Ariyo Faridh Zidni, Kank Inge, Kak Gentong dan kak Tobi. Acara lainnya merupakan aktivitas  Seni Rupa, disiapkan dalam 7 tenda yang terdiri dari:

  1. Tenda Topeng Malangan;
  2. Tenda Kipas Pakarena;
  3. Tenda Sarung Bali;
  4. Hiasan Kepala Gending Sriwijaya;
  5. Menyablon Baju dan Tas;
  6. Mengecap Tameng;
  7. Mewarnai Gugunungan.

Nusantara Art Festival tahun 2018 mengusung tema “Budaya Nusantara”,  acara ini merupakan kegiatan untuk anak dan keluarga yang menyajikan kesenian nusantara melalui aktivitas seni, prakarya dan dongeng yang mengambil icon, ciri khas budaya nusantara. Melalui kegiatan ini, diharapkan  anak-anak  dapat mengenali dan mengapresiasi  budaya bangsa sejak dini. Selain itu, kegiatan semacam ini juga dapat  membangkitkan kreativitas anak, orang tua dan guru, khususnya dalam berkesenian.(PED)