WORLD HERITAGE CAMP INDONESIA 2016 (PROMOTE AND PROTECT)

0
1386
cccccccc
Lokasi Sumber Air Asin

World Heritage Camp Indonesia 2016 (WHCI) atau kemah budaya adalah program yang dibuat sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang arti daan konsep Warisan Dunia/ World Heritage, khususnya tentang Warisan Dunia Budaya. WHCI tanun 2016 dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 8 hingga 14 November 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga Situs Warisan Dunia yaitu Situs Sangiran (Sragen-Karangayar, Jawa Tengah), Situs Prambanan (DIY), dan Situs Borobudur (Magelang, Jawa Tengah).

WHCI 2016 merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang arti dan konsep Warisan Dunia/ World Heritage. WHCI merupakan salah satu program UNESCO yang memiliki tujuan:

  1. Pengenalan dan pemahaman mengenai konsep dasar dan pengertian Warisan Dunia Budaya
  2. Pelibatan kaum muda dalam Protect and Promote Our Heritage
  3. Proses pelaksanaan dan tantangan dalam pengelolaan dan pemanfaatan Warisa Dunia

Para peserta berasal dari seluruh wilayah Kepulauan Indonesia yang memiliki Situs Warisan Dunia atau terdapat cagar budaya. Peserta yang dapat mendaftar kegiatan yaitu dengan batasan umur 16-20 tahun. Peserta adalah siswa-siswi dari kelas X, XI, XII dan juga mahasiswa-mahasiswi maksimal tahun ke-2. Ada beberapa cara dalam melakukan pendaftaran bagi peserta yang terdiri dari: mengikuti lmba foto, meme, blog, vlog, pameran warisan dunia (Samarinda), undangan langsung ke SMA ataupun universitas yang masuk pada daftar ASPnet UNESCO. Keseluruhan peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 44 orang.

Secara teknis peserta dibagi menjadi delapan kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 5-6 orang beserta Group Leader (GL). Para peserta dan juga GL akan menginap di rumah-rumah penduduk sekitar Situs Sangiran. Tujuannya adalah supaya ada interaksi diantara para peserta dengan masyarakat Situs Sangiran selama berada di sini.

World Heritage Camp Indonesia 2016 ini akan dilaksanakan selama tujuh hari, dimulai pada tanggal 8  November hingga 14 November 2016. Dilaksanakan di tiga Situs Warisan Dunia:  Situs Manusia Purba Sangiran (Jawa Tengah), Kompleks Candi Prambanan (DIY), dan Kompleks Percandian Borobudur (Jawa Tengah). Kegiatan WHCI 2016 berada di Situs Sangiran dimulai sejak tanggal 8-10 November 2016.

Dalam kegiatan yang berlangsung peserta akan diberi bekal pengetahuan tentang luasan, nilai penting, edukasi, promote, dan protect Situs Sangiran. Selama kegiatan peserta berkeliling situs dengan cara berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya atau dari satu situs ke situs lainnya. Sebab kekayaan Situs Sangiran terletak di dalam tanah, tidak seperti Candi Prambanan ataupun Candi Borobudur yang nampak jelas. (Metta Adityas)