Tari Merak

0
137

Sedih ya teman-teman, akhir-akhir ini banyak berita yang kurang enak kita dengar dan kita lihat. Di pertengahan Januari 2021 ini, banyak bencana yang terjadi dan melanda di berbagai daerah di Indonesia. Jadi sedih ya teman-teman, untuk itu mari kita do’akan saudara kita yang terkena musibah semoga cepat berlalu dan diberi kesabaran serta ganti yang lebih baik. Semoga untuk hari dan bulan selanjutnya kita dilimpahkan kebaikan-kebaikan.Untuk hari ini, admin ada bahasan baru mengenai tarian merak yang ditampilkan di Pasar Budaya Sangir.
Pernah dengar belum sih Tari Merak itu berasal dari mana? Yup, sebenarnya Tari Merak itu berasal dari tanah Pasundan, Jawa Barat. Seperti namanya, tarian ini mengekspresikan bagaimana gerekan burung merak. Sebenarnya tarian ini bercerita tentang keindahan burung merak jantan yang sedang memperlihatkan keindahan bulunya ketika ingin menarik perhatian dari burung merak betina, namun banyak masyarakat yang menganggap bahwa tarian ini bertujuan untuk menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Dalam pertunjukannya tarian ini dapat dilakukan sendiri atau berkelompok. Seperti yang ditampilkan dalam acara Pasar Budaya Sangir, mereka menampilkan tari ini dengan berkelompok.

Tarian ini terinspirasi dari burung merak yang mempunyai bulu yang indah, seperti kostum yang dipakai oleh para penarinya. Mereka mengenakan kostum yang terkesan rumit namun tetap menampilkan estetika dari kostum tersebut. Tarian ini dilakukan oleh ibu-ibu PKK di dusun Sangiran, di mana mereka mempunyai sanggar untuk latihan bersama dan menampilkannya jika ada sebuah acara. Tak hanya Tari Merak saja loh, ternyata sanggar ini juga mempelajari tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Wah hebat ya teman-teman, ini bentuk dari masyarakat Sangiran yang masih mau melestarikan kebudayaan-kebudayaan di Indonesia. Harus didukung ya yang seperti ini. (Nur Rahma Hapsari)

TINGGALKAN KOMENTAR