Berbagi Pengetahuan Melalui Buku

0
136

Salah satu tugas dan fungsi BPSMP Sangiran adalah menyebarluaskan informasi pada masyarakat, khususnya informasi tentang manusia purba dan tinggalannya. Salah satu cara penyebarluasan informasi adalah dengan menyebarkan buku terbitan BPSMP Sangiran pada masyarakat.

Buku-buku terbitan BPSMP Sangiran merupakan sebuah “jendela informasi” yang dapat menjadi salah satu referensi bagi masyarakat. Untuk itu, BPSMP Sangiran berupaya memberikan buku-buku terbitannya pada masyarakat, mulai dari instansi pemerintah, komunitas, dan juga berbagai perpustakaan atau taman baca yang banyak dimiliki masyarakat. Salah satu taman baca yang diberikan buku-buku terbitan BPSMP Sangiran adalah Taman Bacaan Masyarakat Dusun Kadipiro “Bintang-Matahari”.

Taman Bacaan Masyarakat Dusun Kadipiro “Bintang-Matahari” ini memiliki tujuan untuk mencerdaskan masyarakat melalui literasi. Di dalam profil singkat yang dikirimkan pada BPSMP Sangiran, taman baca ini berawal dari kesenangan dalam dunia literasi keluarga Bapak Ahmad Riyatno. Kesenangan dalam dunia literasi ini membuat koleksi bukunya makin banyak sehingga pada awal tahun 2016 didirikanlah Taman Bacaan Masyarakat Dusun Kadipiro “Bintang-Matahari”.

Pada hari Minggu, 17 Januari 2021, BPSMP Sangiran memberikan beberapa koleksi terbitan BPSMP Sangiran untuk melengkapi koleksi Taman Bacaan Masyarakat “Bintang-Matahari”. Penyerahan buku-buku terbitan BPSMP Sangiran ini diterima oleh Muhammad Bintang Akbar selaku penanggungjawab Taman Bacaan Masyarakat “Bintang-Matahari”.

Hal ini dimaksudkan untuk menjalankan tugas dan fungsi BPSMP Sangiran untuk menyebarkan informasi dan juga guna melengkapi koleksi buku taman bacaan ini. Pada kesempatan ini, Muhammad Bintang Akbar selaku pengelola taman bacaan mengungkapkan kegembiraannya. “Sangat senang mendapat koleksi buku terbitan BPSMP Sangiran, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat”.

Dengan berbagi buku terbitan BPSMP Sangiran ini, membuat tugas dan fungsi BPSMP Sangiran dalam menyebarluaskan informasi menjadi berkurang. Buku-buku tersebut dapat diakses masyarakat secara gratis dan tidak boleh diperjualbelikan. Informasi yang disampaikan melalui buku dapat menjadi sumber literasi maupun penelitian bagi masyarakat dan akademisi.

Dengan menyebarkan buku-buku terbitan pada masyarakat, akan lebih mudah diakses masyarakat sehingga informasi semakin mudah didapatkan. Informasi dengan akses yang mudah akan lebih tepat sasaran dan juga makin cepat informasi didapat masyarakat. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR