Seleksi Alam

0
4079

Alam Adalah Kawan dan Tantangan

Setiap makhluk hidup berusaha untuk bertahan hidup dan mewariskan kehidupan pada keturunannya. Untuk tujuan bertahan hidup tersebut setiap makhluk berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Setiap perubahan pada lingkungan secara alamiah mempunyai pengaruh pada kelangsungan hidup makhluk- makhluk di dalamnya, atau disebut sebagai mekanisme seleksi alam. Dengan evolusi, seleksi alam adalah mekanisme yang tidak bisa dihindari melainkan harus dihadapi.

Seleksi Predator

Dalam satu lingkungan rantai makanan antar spesies yang hidup di dalamnya merupakan salah satu bentuk seleksi alam. Seekor kadal merupakan predator bagi kawanan serangga, semakin banyak makanan tersedia maka kawanan kadal akan berkembang biak mana pada titik dimana proporsi jumlah serangga tidak sebanding dengan jumlah kadal di dalam lingkungan tersebut. Bagi kawanan serangga, kemampuan untuk menghindari, karenanya mereka berkembang biak dalam jumlah yang besar agar spesies-spesies serangga dapat terus bertahan hidup.

Seleksi Alam

Tahukah anda bahwa beruang grizzly dan beruang kutub berasal dari nenek moyang yang sama? Dieprcaya, ribuan abad silam, beruang coklat Asia bermigrasi ke Utara iklim yang dingin membesarkan ukuran tubuhnya. Namun hanya beruang berbulu bening yang mampu bersantai di padang salju.

Seleksi Seksual

Banyak anak, banyak rejeki. Begitu pepatah lama mengatakan. Makin banyak anggota suatu kelompok akan makin kuat. Memiliki fitur yang tepat dengan kondisi lingkungan tertentu adalah penting. Cara untuk melestarikan fitur yang tepat itu melalui reproduksi. Si jantan membutuhkan perempuan yang dapat melahirkan anak-anak seperti fitur seperti dia. Yang betina butuh laki-laki dengan fitur tertentu agar anak-anaknya annti mampu bertahan. Pemilihan pasangan yang tepat menghasilkan keturunan yang mampu bertahan.

Singa

Inilah kompetisi pejantan. Siapa yang kuat, dia berhak memimpin dan mengawini kelompok betina untuk menurunkan generasi yang sekuat dia.

Semut

Yang ini, adu kekuatan. Pejantan yang mampu terbang setinggi betinalah yang berhak dipersunting dalam percintaan di udara demi koloni baru.

Merak

Ini adalah adu ketampanan, dan betina jurinya. Betina butuh pejantan yang paling elok bulu ekornya untuk memancing predator yang mengancam telurnya nanti. Sumber: Museum Manusia Purba Klaster Bukuran