Mengapa Dunia Hayati Kita Beranekaragam?

0
443
Dunia Hayati

Hingga hari ini, tercatat penghuni bumi terdiri dari 1.589.361 jenis makhluk hidup atau spesies. Setiap tahun, rata-rata 13.000 nama spesies baru masih diimbuhkan ke dalam daftar panjang penghuni bumi. Sementara, hasil survey terakhir menunjukkan kira-kira masih ada 7,1 juta spesies lagi yang belum teridentifikasi.

Kenyataannya berjuta-juta spesies itu, berasal dari 4 “kerajaan” besar: Fungi (jamur), Protista (bakteria), Plantae (tumbuhan), dan Animalia (binatang). Dan di atas silsilah mereka berpangkal pada 3 “kekaisaran” Prokaryota, Eubacteria, dan Eukaryota.

Karena perubahan kondisi alam dan lingkungan tertentu, upaya setiap makhluk untuk terus hidup selama jutaan generasi menghasilkan spesies baru. Semula bersel satu, lalu menjadi bersel banyak. Semula kecil menjadi besar, dan yang besar jadi mengecil. Awalnya hidup di air pindah ke darat dan yang sudah di daratkembali ke laut. Tadinya merangkak jadi berdiri dan awalnya bersisik jadi berbulu. Dalam sejarah kehidupan bumi, inilah proses fantastis yang disebut spesiasi. Sumber: Museum Manusia Purba Klaster Bukuran