Sebuah Potret Pendidikan di Museum Manusia Purba Klaster Krikilan

0
75

Pendidikan anak berawal dari keluarga, inilah pentingnya pendidikan keluarga sehingga anak dapat diberikan arahan dan pemahaman. Hal ini nampak sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak lelakinya yang berkunjung ke Museum Manusia Purba Klaster Krikilan. Kedua orang tuanya membimbing anak mereka untuk memahami koleksi yang dipamerkan.
Ayo kene foto” (Ayo sini foto), seru sang ibu mengajak kedua anaknya.
Sang ibu mengajak kedua anaknya yang berusia setingkat SD untuk berfoto di depan diorama manusia purba yang berada di ruang pamer 1. Sang ayah bersiap memotret momen keluarga ini, mengabadikan kedatangan mereka ke Museum Manusia Purba Klaster Krikilan. Terlihat anak yang besar tidak merasa takut melihat diorama itu tapi anak yang kecil merasa takut.
Terlihat dari sorot matanya patung-patung manusia purba itu menakutkan dan menolak untuk berada didekat mereka. Patung manusia purba yang membuat si anak kecil itu takut merupakan penggambaran sebuah keluarga manusia purba yang terdiri dari ayah yang merupakan tulang punggung keluarga, pencari makanan bagi keluarga. Sang ibu merupakan sosok seorang pendidik bagi anak mereka yang menyiapkan makanan bagi keluarga. Patung yang ketiga adalah sesosok anak kecil yang senang bermain dan selalu ingin menyantap makanan yang disediakan sang ibu yang merupakan hasil sang ayah berburu.
Aku wedi” (Aku takut) seru anak yang kecil.
Rasah wedi, Mama neng kene kok” (Tidak usah takut, Mama disini kok) seru sang ibu.
Itulah percakapan singkat sebuah keluarga yang berkunjung ke Museum Manusia Purba Klaster Krikilan pada hari Jumat, 13 November 2019. Selanjutnya mereka mencoba menjelajah koleksi demi koleksi yang dipamerkan. Orang tua mencoba menjelaskan secara sederhana dan sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman mereka.
Sedikit demi sedikit anak yang kecil merasakan kenyamanan berada di museum dengan orang tuanya, menyayangi dan juga melindungi serta memberi berbagai penjelasan. Waktu terus berjalan, seperti keluarga ini yang terus berjalan menikmati sajian koleksi di ruang pamer. Pendidikan keluarga yang diberikan orang tua untuk mengenalkan anak mereka yang belia mengenal kekayaan masa lalu di negeri ini.
Di Museum Manusia Purba Klaster Krikilan ini, terpotret sebuah pendidikan keluarga yang terjadi. Sebuah potret pentingnya peran keluarga mengenalkan anak pada peninggalan masa lalu, sebuah tinggalan yang sudah mendapat pengakuan dunia dan wajib dilestarikan karena merupakan titipan generasi yang akan datang. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR