Sangiran Dolan Klaten

0
122

Pengetahuan tentang Sangiran sebagai situs manusia purba terpenting di Indonesia, bahkan Asia, sekaligus warisan budaya dunia perlu disampaikan kepada masyarakat. Atas dasar nilai penting ini, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran melaksanakan tugas pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan terkait Sangiran. Salah satu kegiatan BPSMP Sangiran pada tahun 2022 guna menyebarluaskan informasi tentang Sangiran beserta nilai penting yang terkandung di dalamnya adalah melalui pameran museum bersama di Kabupaten Klaten, yang diselenggarakan oleh Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.

Pameran bersama ini diselenggarakan di Gedung Sunan Pandanaran Klaten dari tanggal 4-8 Agustus 2022. Selain BPSMP Sangiran dan Museum Ranggawarsita sebagai penyelenggara, Pameran dengan tema “Bersama Museum Menginspirasi Masa Depanku” diikuti oleh Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum Kambang Putih Tuban, BPCB Jateng, Museum Samudra Raksa, Expo SMK/SMA, Kisah Tanah Jawa, dan UMKM Klaten.

Pameran bersama dengan konsep “Museum Dolan Klaten“ tersebut resmi dibuka oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, Kamis (04/08/2022). Dalam sambutannya, Bupati Klaten berharap bahwa melalui pameran ini dapat menambah khasanah pengetahuan pelajar di Klaten khususnya, karena dapat melihat dan belajar dari berbagai replika koleksi museum-museum yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

BPSMP Sangiran turut menyajikan koleksi-koleksi museum yang menjadi representasi pengetahuan tentang Situs Manusia Purba Sangiran, di antaranya replika tengkorak manusia purba tiga tipe (arkaik, tipik, dan progresif), artefak manusia purba (serpih, bola batu, dan alat tulang), serta media audiovisual tentang Sangiran (film bertemakan Sangiran dan game interaktif belajar menjadi paleontolog). (M. Mujibur Rohman)