Saat Anggota Dewan Belajar Tentang Pengelolaan Cagar Budaya di Sangiran

0
683
cagar budaya

Kamis, 25 Januari 2018 Anggota Komisi D DRPD Kabupaten Kediri berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan. Rombongan berjumlah 14 orang yang terdiri dari anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kediri, Sekertaris Dewan dan staf.
Tujuan kunjungan ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang bagaimana mengelola cagar budaya yang dilaksanakan oleh BPSMP Sangiran. “Kedatangan kami kemari adalah dalam program pengawasan dan pemeliharaan cagar budaya. Di daerah kami banyak cagar budaya dari era Majapahit dan kerajaan-kerajaan lain yang pernah ada di Kediri, sesuai tugas dan fungsi Komisi D untuk melakukan pengawasan dalam hal pemeliharaan dan pelestarian cagar budaya. Kami kemari untuk belajar bagaimana BPSMP Sangiran melaksanakan hal itu, ini sangat berguna bagi kami”, ungkap Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Kediri.
Dalam kunjungan ini, rombongan mendapat paparan tentang Sangiran yang dilanjutkan dengan diskusi yang sangat manarik. Diskusi ini membahas tentang bagaimana pengelolaan Sangiran, museum, artefak dan juga peran serta pihak terkait. Pelaksanaan di lapangan dipaparkan dengan gamblang dan diikuti dengan tanya jawab yang membangun.
Setelah diskusi dilanjutkan dengan berkeliling museum guna memberikan gambaran tentang apa yang menjadi diskusi sebelumnya. “Banyak yang bisa dipelajari disini, ini menjadi oleh-oleh guna kemajuan cagar budaya di Kediri”, ungkap salah satu rombongan diakhir kunjungan.
Kunjungan guna menjaga cagar budaya yang merupakan titipan anak cucu dilakukan Komisi D DPRD Kabupaten Kediri menjadi sebuah langkah peduli akan pelestarian cagar budaya. Semoga mampu menjadi masukan bagi penyusunan peraturan guna mendukung pelestarian cagar budaya. (Wiwit Hermanto)