Penyerahan Kompensasi Bagi Penemu Fosil di Situs Sangiran

0
702
Kompensasi Bagi Penemu
Kepala BPSMP Sangiran menyerahkan kompensasi kepada salah satu penemu fosil

Situs Sangiran sepertinya tidak pernah berhenti menampilkan kekayaan arkeologis yang ada di dalamnya. Tercatat pada tahun 2016 yang lalu koleksi fosil yang masuk ke BPSMP Sangiran mencapai jumlah 1739 fragmen fosil. Adapun pada tahun 2017 ini sampai dengan Bulan Februari telah terdata fosil sebanyak 305 fragmen. Perlu diketahui bahwa fosil di Situs Sangiran sebagian besar ditemukan oleh penduduk yang tinggal di kawasan situs ini.

Kompensasi Bagi Penemu
Kepala BPSMP Sangiran menyerahkan kompensasi kepada salah satu penemu fosil

Atas kerelaan masyarakat yang telah menyerahkan temuan fosilnya ke BPSMP Sangiran tersebut maka pemerintah perlu memberikan sebuah apresiasi. Apresiasi yang diberikan adalah pemberian piagam penghargaan bagi penemu fosil dan kompensasi berupa sejumlah uang. Periode pertama pemberian kompensasi kepada penemu fosil di Situs Sangiran tahun 2017 dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 23 Maret 2017. Acara dihadiri oleh Kepala BPSMP Sangiran, Kepala Seksi Pelindungan BPSMP Sangiran beserta staff dan para penemu fosil yang berjumlah 47 orang.

Kompensasi Bagi Penemu
Para Peserta yang hadir dalam acara

Dengan adanya acara semacam ini diharapkan kesadaran masyarakat terhadap nilai penting Cagar Budaya akan semakin meningkat. Kita ketahui bersama bahwa masyarakat merupakan kunci utama dalam pelestarian situs. Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat diharapkan pelestarian Cagar Budaya akan mencapai hasil yang diharapkan. (Febri Wijanarko)

TINGGALKAN KOMENTAR