PEMBELAJARAN LUAR SEKOLAH SMA TARAKANITA TANGERANG DI SANGIRAN

0
1241

Hari Rabu tanggal 24 Februari 2016 BPSMP Sangiran kedatangan 69 Siswa kelas XI dan 4 Guru dari SMA Tarakanita Gading Serpong Tangerang. Kedatangan guru dan siswa ini dalam rangka program Pembelajaran Luar Sekolah (PLS) atau out door study jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial/IPS, khususnya yang berkaitan dengan materi sejarah dan geografi. Kunjungan ke Sangiran ini merupakan salah satu rangkaian out door study dari SMA Tarakanita yang juga berkunjung ke kota Yogyakarta dan Solo.

PLS_tarakanita00001

Pembelajaran Luar Sekolah yang dilakukan guru dan siswa SMA Tarakanita di Museum Manusia Purba Sangiran ini bertujuan untuk mengenal dan memahami potensi dan nilai penting Sangiran, di mana nama Sangiran juga dijumpai dalam buku pelajaran mereka. Selain nama Sangiran, rata-rata para siswa SMA Tarakanita mengenal atau pernah mendengar nama-nama manusia purba seperti Pithecanthropus erectus atau Meganthropus paleojavanicus.

PLS_tarakanita00002

Antusiasme siswa juga terlihat dari partisipasi aktif mereka ketika sesi tanya jawab berlangsung. Selain bertanya di dalam ruang presentasi, para siswa SMA Tarakanita juga cukup aktif bertanya ketika berkeliling di ruang-ruang pamer Museum Manusia Purba Sangiran. Dengan berbekal field note atau catatan lapangan serta kamera, mereka mencari informasi, mencatatnya, sambil sesekali bertanya kepada pemandu tentang beragam hal yang berkaitan dengan manusia, fauna, budaya maupun lingkungan purba di Sangiran. (MJ)