PELANGI BUDAYA SITUS SANGIRAN 1: Potensi kekayaan alam dan budaya Situs Sangiran

0
2276
Potensi kekayaan alam

pelangi-budaya-1-2 pelangi-budaya-1-1

Sangiran memiliki daya tarik alam, budaya, beserta karya manusianya. Tidak hanya menyimpan kekayaan arkeologis, Sangiran sangat kaya akan potensi budaya, baik budaya dari masa prasejarah maupun masa sekarang.

Sebagai daerah yang dianugerahi tinggalan alam melimpah diantaranya berupa fosil, Sangiran patut menjadi rujukan wisata budaya. Menginjakkan tanah di Situs Sangiran, banyak hal yang bisa dinikmati di sini.  Selain museum yang memaparkan temuan arkeologis yang sarat makna, kebudayaan setempat juga layak dinikmati publik.

Situs Sangiran mencakup tiga kecamatan di Kabupaten Sragen yaitu Kec. Kalijambe, Kec. Gemolong dan Kec. Plupuh serta Kec. Gondangrejo di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Secara umum latar belakang budaya suku bangsa penduduk di kawasan Situs Sangiran berasal darisuku bangsa Jawa yang dalam kehidupan sehari-hari berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jawa. Kekayaan budaya kawasan Sangiran terwujud dalam seni tradisional, upacara adat dan arsitektur lokal yang sarat makna, serta kerajinan rakyatnya yang bervariasi. (Duwiningsih)