PELANGI BUDAYA SITUS SANGIRAN 20: Mahesa Lawung

0
709

Selain upacara tradisional seputar kehidupan, terdapat upacara Sesaji Mahesa Lawung Keraton Surakarta yang diselenggarakan di alas Krendawahana, Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar yang masih termasuk kawasan Situs Sangiran.

Ritual ini sebagai bentuk persembahan kepada Bathari Kalayuwati (Durga), yang diyakini sebagai pelindung gaib Keraton Surakarta di bagian utara, bertujuan untuk memohon keselamatan dan supaya terhindar dari segala macam mara bahaya.Pelaksanaan ritual selalu jatuh pada hari Senin atau Kamis.

Perlengkapan sesaji yang digunakan di antaranya kepala Mahesa Lawung/kerbau yang masih perjaka dan belum pernah dipekerjakan beserta empat telapak kakinya, walang atogo (berbagai jenis belalang) sebagai simbol rakyat kecil. Juga sesaji lain yang terdiri atas barang mentah dan matang yang kesemuanya menyimbolkan makna-makna tertentu, dimana sesaji ini dimaksudkan juga sebagai wilujengan nagari.

Sungguh menarik seluruh potensi budaya yang ada di wilayah Situs Sangiran, dan buku ini mencoba memperkenalkan kepada masyarakat kekayaan budaya yang bisa dinikmati dan tentunya dilestarikan keberadaannya. (Duwiningsih)