MUSEUM ITU ADALAH CERMINAN WAJAH DAN PERADABAN KITA

0
672
WAJAH DAN PERADABAN

Tema “Menjaga Memori Kolektif Bangsa” yang diusung Museum Goes to Campus (MGtC) 2016 yang berlangsung sejak 8 November dan akan berakhir 13 November 2016 berlangsung meriah. Pada tanggal 8 November 2016, setelah MGtC resmi dibuka, stan BPSMP Sangiran dikunjungi oleh rombongan Rektor UNS Prof. Dr. H. Ravik Karsidi. M.S. dan Direktur PCBM, Dr. Harry Widianto.

WAJAH DAN PERADABAN

Dalam kunjungannya ke stan BPSMP Sangiran, rombongan menyaksikan koleksi yang dipamerkan yang dilengkapi teknologi modern yang mampu menjelaskan pengetahuan bagi pengunjung. Dengan menyatukan koleksi purba dengan teknologi modern diharap mampu menjelaskan kisah perjalanan masa purba kepada pengunjung. Hal ini juga ditemui di Museum Manusia Purba Sangiran yang memberikan penjelasan kepada pengunjung melalui koleksi purba dengan dilengkapi teknologi modern. Hal ini senada dengan pendapat yang diungkap Harry Widianto bahwa museum itu adalah cerminan wajah kita, cerminan peradaban kita.

Museum modern yang mampu mengungkap kisah masa lalu akan digemari oleh pengunjung dan masyarakat pada umumnya. Museum modern akan menunjukkan peradaban masa lalu kepada publik, peradaban yang besar akan diceritakan melalui museum. (Wiwit Hermanto)