MODERNITAS DITENGAH PEDESAAN BAGIAN IX (SITUS SANGIRAN DAN MASYARAKAT YANG BERMUKIM DIDALAMNYA)

0
690

modernitas ditengah pedesaan (15)

Diakhir ruang pamer, pengunjung mendapat informasi tentang kemajuan yang sudah terjadi di Sangiran. Sajian manusia purba dengan budayanya sudah diulas sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan budaya manusia kini. Hasil budaya manusia yang hidup di desa yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat di Sangiran. Hasil karya masyarakat desa itu disajikan guna melengkapi kehidupan masyarakat desa yang berada disekitar Museum Lapangan Manyarejo.

Pada display ini mengulas peran arkeologi publik yang menjelaskan pada pengunjung hubungan Situs Sangiran dengan masyarakat yang menghuninya. Seiring dengan perkembangan jaman, para arkeolog menyadari peran penting masyarakat dalam memajukan dan melestarikan tinggalan budaya. Dengan latar belakang tersebut, muncullah kajian Arkeologi Publik yang merupakan pengejawantahan berbagai kajian arkeologi di Sangiran.

Untuk menjelaskan hal tersebut, dijelaskan oleh 2 (dua) ahli yang memampangkan pendapat mereka, keduanya sudah banyak malang melintang dalam meneliti Sangiran. Informasi yang disampaikan dari berbagai aspek mulai dengan pelibatan masyarakat, perlindungan Situs Sangiran, kesadaran masyarakat terhadap pelestarian Situs Sangiran, penjelasan tentang Ilmu Arkeologi Publik serta mitos yang beredar ditengah masyarakat. Artinya ilmu ini sangat peduli dengan keterlibatan masyarakat dan pemanfaatan Situs Sangiran untuk kepentingan masyarakat.

modernitas ditengah pedesaan (8)

Setiap ilmu sangat berguna bagi kemajuan Situs Sangiran di masa yang akan datang, kemajuan bagi pengetahuan untuk negara dan dunia. Kajian-kajian yang terus berlangsung memerlukan berbagai disiplin ilmu guna menambah informasi tentang Situs Sangiran. Situs yang diakui sebagai Warisan Budaya Dunia dan menjadi kewajiban bersama untuk melestarikannya. (Wiwit Hermanto)

Modernitas ditengah pedesaan bagian I

Modernitas ditengah pedesaan bagian II

Modernitas ditengah pedesaan bagian III

Modernitas ditengah pedesaan bagian IV

Modernitas ditengah pedesaan bagian V

Modernitas ditengah pedesaan bagian VI

Modernitas ditengah pedesaan bagian VII

Modernitas ditengah pedesaan bagian VIII

Modernitas ditengah pedesaan bagian IX

Modernitas ditengah pedesaan bagian X

Modernitas ditengah pedesaan bagian XI

Modernitas ditengah pedesaan bagian XII

TINGGALKAN KOMENTAR