Mens Sana In Corpore Sano; Di dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat

0
5602
Pelatihan Beladiri didampingi Kepolisian

Tugas dan fungsi Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran ialah melestarikan cagar budaya Situs Sangiran. Kegiatan pelestarian cagar budaya yang dilakukan antara lain dalam bentuk pengamanan di Situs Sangiran.

Pada hari Senin tanggal 26 Februari 2018, dilakukan kegiatan Pembinaan Fisik Tenaga Satuan Pengamanan BPSMP Sangiran. Kegiatan ini melibatkan Polsek Kalijambe, Sragen dan Polsek Gondangrejo, Karanganyar. Kedua institusi ini adalah mitra BPSMP Sangiran dalam keterlibatan stakeholder untuk pelestarian Kawasan Sangiran di Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar.

Pembinaan fisik untuk mengokohkan tenaga pengamanan Situs Sangiran
Pemberian materi mengenai pengamanan di ruang Teuku Jacob

Selain pembinaan fisik, tenaga satuan pengamanan mendapatkan materi antara lain mengenai pengaturan, penjagaan, patroli dan pengawalan yang disampaikan oleh Wakapolsek Kalijambe dan materi mengenai prosedur penangkapan dan penggeledahan yang disampaikan oleh narasumber dari Polsek Gondangrejo.Pembinaan semacam ini sangat perlu dilakukan mengingat pentingnya Situs Sangiran sebagai bagian obyek vital negara.(Duwiningsih)