Menciptakan karakter yang kuat itu dimulai sejak dini dan hal tersebut dapat dilakukan di museum. Halaman didepan Ruang Display 3 Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan banyak dimanfaatkan guna belajar dan bermain oleh berbagai sekolah. Tujuan memanfaatkannya guna menanamkan pendidikan tentang kebersamaan melalui permainan guna menanamkan karakter yang positif bagi anak didik. Sejak kecil anak diajarkan untuk bekerjasama dengan temannya, hal ini menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai saat kegiatan belajar dan bermain diluar kelas yang diadakan di halaman didepan Ruang Display 3 Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan.
Proses belajar sambil bermain ini dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil, anak dituntut untuk bekerjasama dengan teman sekelompoknya sekaligus memahami dan kemudian melaksanakan perintah guru dan fokus kepada permainan. Kelompok yang tidak menjalankan sesuai perintah mendapat hukuman agar ada rasa tanggungjawab dan menimbulkan rasa percaya diri maju dihadapan teman-temannya yang lain. Dengan kegiatan ini, para siswa dapat lebih cepat memahami materi selain juga ditanamkan karakter kuat bagi pondasi membangun sikap positif. (Wiwit Hermanto)