Kesadaran Masyarakat Sangiran Terhadap Cagar Budaya Semakin Menguat

0
1178

Pada hari ini jumat tanggal 10 februari 2017 kantor BPSMP Sangiran mendapat laporan dari masyarakat terkait kepemilikan fosil gajah purba di Sangiran. Laporan tersebut disampaikan oleh saudara Harsono warga Sangiran RT 11. Bapak berusia 57 tahun itu bercerita fosil tersebut tinggalan orang tuanya yang tersimpan di rumah. Mengenai kepemilikannya fosil tengkorak gajah purba tersebut, fosil tengkorak gajah tersebut adalah penemuan orangtuanya yaitu bapak Hadi Sukarno pada tahun 1980an.

Fosil tersebut disimpan dirumah bapak Hadi Sukarno hingga beliau meninggal dunia, kemudian sang anak,  Bapak Harsono membongkar rumah orang tuanya dan melihat fosil simpanan orang tuanya kemudian melaporkan dan menyerahkan kepada Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.

Pak Widiono dan Pak Utama sebagai petugas laboratorium BPSMP Sangiran yang mendapatkan laporan pertama dari Harsono kemudian bergegas mengambil fosil tersebut dan segera di konservasi karena fosil tersebut sudah terlalu lama tidak terawat hingga tumbuh lumut dan retak pada beberapa bagian.

Fosil tersebut diantaranya rahang atas gajah purba, rahang bawah gajah purba dan gading gajah purba, selain itu Harsono juga menyerahkan fosil fragmen tulang kaki namun dalam keadaan hancur hasil penemuannya disawah beberapa waktu yang lalu. (Nikko)