Katalog Homo erectus Sangiran (Kata Pengantar)

0
637

Situs Sangiran adalah situs yang penting di Indonesia. Berada di dua wilayah Kabupaten, Sragen dan Karanganyar, Situs Sangiran memiliki potensi ilmu pengetahuan yang luar biasa. Sangiran memiliki potensi sebagai situs arkeologi yang telah memberikan kontribusi atas temuan-temuan sisa-sisa manusia, alat-alat paleolitik, fosil-fosil fauna yang terendapkan di dalam lapisan tanah purba berusia jutaan tahun. Selain itu, lapisan geologi Sangiran mampu menggambarkan perubahan lingkungan Sangiran sejak 2,4 juta hingga 250.000 tahun silam tanpa terputus.

Pengakuan UNESCO terhadap Situs Sangiran sebagai Warisan Dunia untuk pemahaman evolusi manusia adalah bukti nyata potensi prima Situs Sangiran. Temuan sisa-sisa manusia purba yang terkenal seperti Meganthropus, Pithecanthropus, dan Homo erectus menjadi bukti kehadiran manusia di Sangiran sekitar 1,5 juta tahun hingga sekitar 300.000 tahun yang lalu. Tidak kurang 50% populasi temuan Homo erectus dunia berasal dari Sangiran. Tercatat lebih dari 100 spesimen telah dikumpulkan dari berbagai kegiatan ekskavasi dan aktivitas penduduk di Sangiran.

Spesimen-spesimen asli manusia purba sekarang tersebar di berbagai tempat sehingga informasiatas fosil-fosil tersebut sangat terbatas. Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran sebagai institusi yang mempunyai tugas dan fungsi untuk melestarikan nilai-nilai penting Situs Sangiran termasuk temuan fosil-fosil manusia tersebut terus berusaha melakukan pencatatan dan dokumentasi temuan-temuan Homo erectus dari Sangiran. Upaya pengumpulan informasi dalam kerangka dokumentasi temuan fosil-fosil Homo erectus yang sangat banyak dan tersebar ini menjadi hal mendasar yang harus segera dilakukan. Selain untuk melengkapi database temuan fosil Homo erectus dari Sangiran, informasi ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal berkaitan dengan penyebaraninformasi kepada publik tentang bukti-bukti kehadiran manusia purba di Sangiran.

Dengan selesainya penyusunan Katalog Homo erectus Sangiran ini tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Ir. Oman Abdurahman, M.T., Iwan Kurniawan, S.T., Johan Budi Winarto, S.T., M.T., Erik Setyabudi, S.T., Unggul Prasetyo Wibowo, M.T. (Museum Geologi Bandung), Dra. Neni Trilusiana R., M.Kes., Ph.D, Rusyad Adi Suriyanto, S.Sos., M.Hum (Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi FK-UGM), dan Prof. Dr. Ir. Yahdi Zaim (FITK-ITB Bandung) yang telah memberikan akses kegiatan dokumentasi ini. Semoga katalog ini menambah khazanah pengetahuan kita tentang bukti-bukti kehadiran Homo erectus di Situs Sangiran.

Sukronedi

Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.

Kata Pengantar

(Pipit Meilinda, Pipit Puji Lestari, Wiwit Hermanto, Metta Adityas Permata Sari, Muhammad Mujibur Rohman, Ike Wahyuningsih, Puja Aprianto)