Kata Pengantar

0
1543

Pembaca setia Jurnal Sangiran, melalui Jurnal Sangiran Nomor 4 Tahun 2015 ini kami menyajikan tiga belas artikel mengenai permasalahan pengelolaan situs manusia purba, yang mencakup pengembangan, pelindungan, dan pemanfaatan.Tidak seperti pada jurnal terbitan sebelumnya, pada jurnal ini terdapat dua artikel sumbangan penulis dari luar BPSMP Sangiran. Oleh karena itu tidak semua artikel di dalam jurnal ini merupakan hasil pengembangan kegiatan yang dilakukan oleh BPSMP Sangiran.

Topik-topik artikel yang diangkat pada kesempatan ini lebih banyak pada pembahasan permasalahan di Situs Sangiran yaitu sebanyak sebelas artikel. Sementara pembahasan permasalahan di luar Situs Sangiran hanya dua artikel, yaitu artikel hasil penelitian mengenai persebaran temuan di Situs Semedo dan artikel mengenai perubahan lingkungan purba yang terjadi di Situs Trinil.

Salah satu artikel mengenai Situs Sangiran di jurnal ini membahas mengenai lingkungan dan sejarah pengendapan Formasi Pucangan yang didasarkan pada analisis jenis-jenis kerang yang terdapat di dalam sedimen formasi tersebut. Sementara artikel yang lain membahas konservasi kotak ekskavasi yang merupakan bagian dari display yang berada di Museum Manyarejo. Display kotak ekskavasi ini pada musim penghujan selalu ditumbuhi lumut dan jamur karena kondisinya yang lembab. Masalah penanganan temuan fosil yang belum terangkat juga dibahas pada salah satu artikel dalam jurnal ini. Kondisi fosil yang telah rusak maupun lapuk oleh beberapa sebab perlu penanganan dengan cara tersendiri dalam pengangkatannya. Oleh karena itu diharapkan masyarakat yang tinggal di Situs Sangiran apabila menemukan fosil tidak mengangkatnya namun segera melaporkan ke BPSMP Sangiran. Terkait dengan pelestarian Situs Sangiran yang melibatkan masyarakat, dipandang masih belum melibatkan golongan perempuan. Hal ini dapat diketahui dari salah satu artikel hasil kajian di jurnal ini.

Tidak kalah menariknya adalah artikel-artikel hasil kajian terhadap display dan diorama yang dimiliki Museum Manusia Purba Sangiran di Klaster Krikilan. Dari artikel-artikel ini akan dapat diketahui apakah tampilan label display dan diorama pada museum tersebut telah memudahkan pengunjung memahami dan memaknai pengetahuan yang disampaikan oleh label pada display maupun diorama tersebut. Di dalam jurnal ini juga banyak dibahas mengenai pemberdayaan masyarakat di lingkungan museum dan Situs Sangiran yang telah dilakukan. Diharapkan dengan pemberdayaan tersebut masyarakat dapat meningkat kesejahteraannya serta mendukung keberadaan museum dan kelestarian situs.

Bahasan terakhir di jurnal ini adalah artikel mengenai pengelolaan dokumen-dokumen yang dimiliki BPSMP Sangiran sebagai pengelola situs dan museum Sangiran. Pengelolaan berbasis pada elektronik sudah saatnya dilakukan karena dengan cara ini dokumen akan lebih aman disimpan dan mudah dimanfaatan kembali. Artikel-artikel yang diangkat dalam Jurnal Sangiran Nomor 4 Tahun 2015 ini adalah:

  1. Analisa Lingkungan Dan Sejarah Pengendapan Formasi Pucangan Berdasarkan Fosil Gastropoda Dan Pelecipodadi Dusun Ngampon, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsijawa Tengah
  2. Distribusi Lateral Dan Lokasi Padat Temuan Dl Situs Semedo
  3. Perubahan Lingkungan Situs Trinil Sejak Kala Pliosen
  4. Kerusakan Dan Pelapukan Pada Fosil Pada Saat Ditemukan: Beberapa Cara Meminimalisirnya
  5. Konservasi Kotak Ekskavasi Museum Klaster Manyarejo
  6. Penataan Koleksi Ruang Pamer 1 Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan Sebagai Sarana Penyampaian Informasi Kepada Pengunjung
  7. Semiotika Diorama: Persepsi Dan Interpretasi Pengunjung Terhadap Koleksi Diorama Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan
  8. Developing Communities And Value’s Conservation In Sangiran World Heritage, Indonesia
  9. Potensi Atas Sumber Daya Perempuan Terhadap Program Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran
  10. Program Pelatihan Suvenir Berbahan Limbah Kayu
  11. Pemberdayaan Masyarakat Sangiran Dalam Sektor Industri Kerajinan Yang Mendukung Pengembangan Museum Sangiran
  12. Desa Dayu, Desa Vokasi Dl Kawasan Situs Sangiran
  13. Sistem Informasi Pengelolaan Dokumen Elektronik Pada BPSMP Sangiran

Redaksi