HUT PURBAKALA

0
1112

Hari Ulang Tahun Purbakala yang dilaksanakan setiap tanggal 14 Juni dilakukan oleh seluruh kantor-kantor instansi kepurbakalaan baik yang di pusat maupun di daerah. Tanpa terkecuali oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. Beberapa kegiatan dan acara pun mulai dipersiapkan demi menyemarakkan Acara HUT ini. Mulai dari kegiatan jalan santai, kemudian perlombaan-perlombaan, dan tak lupa acara puncaknya upacara yang rencananya dilakukan pada hari senin tanggal 15 Juni 2015. Kegiatan ini melibatkan seluruh karyawan serta karyawati BPSMP Sangiran.

Sedikit flashback sejarah ditetapkannya 14 Juni sebagai Hari Purbakala adalah berikut.

Ketika itu seorang berkebangsaan Jerman G.E. Rumphius (1628-1702) mengumpulkan berbagai benda prasejarah dan banyak menulis tentang benda-benda prasejarah yang dikoleksinya. Kemudian atas upaya para ilmuwan dan peminat seni dimulai dengan mendirikan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BGKW) pada tahun 1778 untuk memelopori penelitian, observasi, pemeliharaan, pengamanan, pendokumentasian, inventarisasi, penggambaran, penggalian, dan pemugaran terhadap bangunan dan artefak kuno. Kegiatan BGKW didukung oleh lembaga swasta yang didirikan pada 1885, yaitu Archaeologische Vereeniging pimpinan Ir. J.W. Ijzerman. Berkat campur tangan pemerintah Hindia Belanda, pada 1901 dibentuk ”Commissie in Nederlandsch-Indie voor oudheidkundig onderzoek op Java en Madoera”. Ketika ketuanya yang pertama Dr. J.L.A. Brandes meninggal dunia, digantikan Dr. N.J. Krom. Dia mempunyai pandangan yang sangat tajam. Segera dia belajar organisasi kepurbakalaan di India, Birma (sekarang Myanmar), dan Hindia Belakang, yang ketika itu sudah lebih maju daripada Hindia Belanda. Atas usaha Krom, hapuslah komisi yang bersifat sementara itu. Maka atas surat keputusan pemerintah tanggal 14 Juni 1913 nomor 62 berdirilah ”Oudheidkundige Dienst in Nederlandsch-Indie” (Jawatan Purbakala). Krom diangkat sebagai kepala jawatan itu.

Oleh karena itu sampai sekarang tanggal 14 Juni ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Purbakala. Untuk itu mari kita turut berpartisipasi untuk menyemarakkan HUT kita ini demi kejayaan dan kemajuan kebudayaan bangsa…Selamat Hari Purbakala, Guys… (Nurul)