GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EVOLUSI DI KLASTER BUKURAN

0
2343
Game Jangkrik

Klaster Bukuran adalah salah satu klaster dari 4 klaster yang ada di Situs Manusia Purba Sangiran. Klaster ini diresmikan pada 19 Oktober 2014, bersama dengan Klaster Ngebung, Klaster Dayu, dan Museum Manyarejo oleh Prof. Dr. Boediono, wakil presiden kala itu. Tempat ini tidak sebesar Museum Sangiran karena berfokus pada proses evolusi makhluk hidup. Untuk menunjang tema tersebut, dikembangkan beberapa alat peraga interaktif yang dikemas dalam media touch screen.

Di Klaster Bukuran ada 3 games edukatif, yaitu game Jangkrik, game Ngengat dan game Tikus. Game Jangkrik merupakan pembelajaran tentang spesiasi, permainan Ngengat merupakan pembelajaran tentang adaptasi, dan permainan Tikus merupakan pembelajaran tentang evolusi.

Alat peraga interaktif yang menggunakan media permainan ini akan menarik dan mudah untuk menyampaikan informasi tentang mekanisme evolusi terhadap pengunjung terlebih kalangan pelajar. Permainan Jangkrik mewakili informasi tentang spesiasi, permainan Ngengat menjelaskan tentang adaptasi, dan permainan Tikus menunjukkan proses kloning hewan.

Permainan Jangkrik ini dimulai dengan memindahkan jangkrik jantan ke rerumputan dekat jangkrik betina yang belum memiliki pasangan. Dengan mendekatkan jangkrik jantan tersebut, maka permainan selesai. Informasi tentang adaptasi jangkrik ini akan muncul.

Sedangkan permainan Ngengat memberikan gambaran bagaimana persaingan alam terjadi. Yang lebih besar akan memangsa yang lebih kecil. Di game ini, kita akan diminta untuk mengarahkan burung ke ngengat dalam batas waktu tertentu. Burung itu akan memangsa ngengat. Setelah semua ngengat habis dimangsa atau waktu habis, permainan selesai.

Permainan Tikus menunjukkan proses kloning tikus coklat. Kloning ini dilakukan dengan meminjam tubuh tikus putih sebagai perantara kelahiran bayi hasil kloning tersebut. Hasil akhirnya adalah tikus putih melahirkan tikus coklat.

Permainan di atas menjelaskan proses – proses yang dapat menyebabkan terjadinya evolusi biologis yaitu adaptasi, seleksi alam, spesiasi, dan kepunahan. Game atau permainan merupakan salah satu media yang efektif untuk menyampaikan suatu informasi kepada pengunjung, dan hal ini telah dibuktikan oleh BPSMP Sangiran khususnya Klaster Bukuran. (Ucik Yunia F-Wuri Hatmani)

Game Jangkrik
Game Jangkrik
Game Ngengat
Game Ngengat
Game Kloning Tikus
Game Kloning Tikus