BPSMP Sangiran Berupaya Memperkuat Karakter Generasi Muda

0
312

Generasi muda merupakan sebuah modal berharga bagi sebuah bangsa. Melalui pendidikan, generasi muda harus lebih memiliki karakter yang kuat demi mengambil tongkat estafet melanjutkan membangun bangsa. Salah satunya dengan pendidikan penguatan karakter, mengenalkan generasi muda dengan kekayaan cagar budaya di sekitarnya.
Hal itu coba dilakukan oleh BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan. Mencoba mengenalkan generasi muda dengan Situs Sangiran yang berada di sekitar mereka. Mengenal sehingga mereka memiliki kebanggaan terhadap tinggalan masa lalunya dan kemudian mencintainya.


“Kami mencoba mengambil peran dalam mendidik generasi muda mengenal dan kemudian mencintai cagar budaya disekitarnya. Melalui sosialisasi dengan tema pendidikan penguatan karakter, kami mengundang beberapa sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat untuk mengikuti sosialisasi”, jelas Iwan Setiawan Bimas selaku Kasi Pemanfaatan secara terpisah.
Dengan kegiatan ini diharapkan generasi muda yang merupakan siswa SMP dan SMA sederajat mampu mengenal tinggalan cagar budaya sekitar mereka. Materi yang diberikan terkait dengan Situs Sangiran, Kebijakan Pendidikan di Kabupateng Karanganyar, Sangiran 17, dan Lokasi Penelitian. Materi di ruang menjadi materi yang memberikan informasi bagi peserta yang merupakan siswa SMP SMA sederajat dilanjutkan materi di lapangan untuk mengenalkan mereka dengan lokasi penting dan lokasi yang menjadi tempat penelitian.
Para peserta terlihat aktif untuk memberikan berbagai komentar sehingga suasana sosialisasi berjalan dua arah. Peserta mampu mendapat informasi di ruangan yang diberikan narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan di lapangan.
“Terima kasih atas pengetahuan dan pengalamannya, semoga ini menjadi berbagi pengalaman yang bermanfaat”, seru salah seorang guru pendamping.
Pendidikan merupakan suatu kewajiban bangsa untuk mencerdaskan masyarakatnya. BPSMP Sangiran berupaya mengambil peran untuk mendidik masyarakat mengenal cagar budaya. Sebuah tinggalan masa lalu yang menjadi sebuah kebanggaan bangsa yang mampu memperkuat karakter siswa.
“Kami ingin mengambil peran mendidik generasi muda menguatkan karakter mereka melalui pengenalan cagar budaya, salah satunya Situs Sangiran”, lanjut Iwan.
Sebuah upaya demi memberi pendidikan bagi generasi muda penerus pembangunan bangsa. BPSMP Sangiran mengambil peran untuk itu dan ini merupakan sebuah tugas berat demi memajukan kebudayaan. (Wiwit Hermanto)