BIOSKOP KELILING CAGAR BUDAYA: MEMPERINGATI HARI MUSEUM 12 OKTOBER

0
1804

Dalam rangka memperingati Hari Museum yang jatuh pada tanggal 12 Oktober, BPSMP Sangiran menyelenggarakan Bioskop Keliling Cagar Budaya, Sabtu 15 Oktober 2016 di Lapangan Desa Dayu dengan sasaran warga masyarakat di Desa Dayu dan sekitarnya. Kegiatan Bioskop Keliling ini diisi dengan pemutaran film yang berhubungan dengan Cagar Budaya. Acara diawali dengan perkenalan dan penjelasan akan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pembawa acara.

bioling-cb-2 bioling-cb-4

Setelah pengenalan, acara Bioskop Keliling diisi dengan pemutaran film yang berjudul Garuda 19 dan Finding Srimulat. Film yang diputarkan ini tidak secara khusus membicarakan Cagar Budaya saja tetapi juga mengetengahkan tentang semangat orang-orang untuk membentuk Tim Nasional (timnas) sepakbola U 19, semangat nasionalisme, usaha keras yang dilakukan menuju seleksi timnas U 19, kondisi yang ada didaerah timur Indonesia dan usaha menggabungkan potensi-potensi anak muda yang dibergabung dalam timnas U 19. Semua ini ada dalam film yang berjudul Garuda 19 yang ditayangkan pada awal Bioskop Keliling.

bioling-cb-1 bioling-cb-3

Film selanjutnya berjudul Finding Srimulat menceritakan sebuah usaha menyatukan kembali pemain-pemain Srimulat yang sudah lama vakum dan terpencar kemana-mana. Setelah beberapa pemain Srimulat berhasil dikumpulkan, mereka diajak pentas di Stasiun Balapan Solo yang merupakan salah satu bangunan Cagar Budaya yang ada di Solo. Dengan memanfaatkan media massa dan internet, Srimulat kembali dikenal banyak orang.

Dengan kegiatan ini, diharap masyarakat dapat lebih mengenal BPSMP Sangiran dan juga Cagar Budaya sekaligus menjadi hiburan bagi masyarakat. (Wiwit Hermanto)