Disbud Lingga Silaturahmi ke BPK Wilayah IV

0
53
Dinas Kebudayaan Lingga berkunjung ke BPK Wilayah IV

Rabu siang (1/02) BPK Wilayah IV kedatangan rombongan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga. Tujuan kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Raja Hendry adalah untuk bersilaturahmi dengan Kepala BPK Wilayah IV yang baru, Jumhari. Jumhari menerima rombongan tersebut di teras lantai 3 dalam suasana yang santai.

Pada kesempatan tersebut Raja Hendri menginformasikan kepada mantan Kepala BPNB Provinsi Jawa Barat tersebut terkait dengan status-status Cagar Budaya di Lingga, optimalisasi pencatatan dan pengajuan penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTb), posisi Juru Pelihara, dan konsultasi mengenai mekanisme penetapan Tim Ahli Cagar Budaya 2023.

Jumhari menyambut baik kedatangan rombongan yang terdiri dari Raja Hendry, Irfan (Pamong Budaya), Indra Wardi (Pamong Budaya), Ikhsan (Kassubag Perencanaan), Lazuardy (staf), dan Dinda (staf). Dirinya akan konfirmasi mengenai perlu tidaknya sertifikasi kompetensi kembali, berhubung telah habis masanya, untuk penetapan perpanjangan Tim Ahli Cagar Budaya. Begitu juga mengenai status atau posisi Juru Pelihara di lokasi situs-situs Cagar Budaya. Sekadar catatan, sebelum BPK Wilayah IV ada, para Juru Pelihara berada di bawah koordinasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Sumatera Barat.

Raja Hendry juga menyampaikan beberapa kegiatan Tahun 2023 Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, di antaranya adalah penulisan buku dan novel sejarah dan budaya Lingga.

“Habis dari sini kami mau berjumpa dengan datuk Rida K. Liamsi. Beliau salah satu tim penulis untuk kegiatan tersebut”, terang Raja Hendry. ***

(Jauhar Mubarok)