Balai Peletarian Nilai Budaya Bali (BPNB Bali) merupakan Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki tugas pokok pelestarian terhadap aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan di wilayah Bali, NTB, NTT. Dalam melaksanakan tugas tersebut BPNB Bali mencetuskan beberapa program terkait pelestarian nilai budaya, salah satunya Belajar Bersama Maestro (BBM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Belajar bersama maestro merupakan kegiatan pelestarian nilai budaya lokal dengan melibatkan siswa setingkat SMA/SMK, budayawan dan masyarakat umum untuk belajar secara langsung kepada maestro seni.
Kegiatan Belajar Bersama Maestro NTB tahun ini, mengangkat tema “Tembang Sasak Sebagai Media Pengguna Karakter dan Jati Diri Bangsa”. Dengan pengambilan tema tersebut diharapkan mampu mengajak peserta kegiatan untuk kembali mempelajari, mempraktekkan serta mensosialisikan tembang sasak serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya untuk diterapkan dalam aktivitas keseharian. Dengan demikian tembang sasak akan mampu bertahan serta lestari ditengah perkembangan jaman. Guna memahami tembang sasak secara mendalam, maka dalam kegiatan ini menghadirkan maestro seni tembang sasak, H.Nari atau yang lebih dikenal dengan Amaq Mini.
H. Nari (Amaq Mini) sendiri merupakan maestro seni tradisi, khususnya seni membaca lontar berbahasa Sasak. Kegiatan yang dilaksanakan pada sabtu (24/2/2018) di SMKN 2 Kuripan, yang terletak di Jalan TGH Ibrahim Al Khalidy Kuripan Utara, Kuripan, Lombok Barat Nusa Tenggara Barat ini melibatkan 75 orang peserta yang terdiri dari: siswa SMA/SMK dan Guru Pendamping, budayawan serta masyarakat umum di Kabupaten Lombok Barat.
Kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) pada dasarnya memiliki tujuan akhir yaitu: 1. Menanamkan rasa cinta generasi muda terhadap tembang sasak; 2. Mensosialisasikan nilia-nilai luhur yang terkandung dalam tembang sasak; 3. Sebagai media informasi program-program pelestarian nilai budaya yang dilaksanakan oleh BPNB Bali. (WN)