Festival Seudati pada Apresiasi Seni Pelajar 2013

0
2095
IMG_1900
Penampilan Suedati

Banda Aceh. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh kembali melaksanakan Apresiasi Seni Pelajar Festival Seudati se-Aceh pada tanggal 23 November 2013. Kegiatan ini diapresiasi oleh 17 dari 20 grup pelajar SLTP/sederajat dan  SMA/sederajat se-Provinsi Aceh yang dilaksanakan dalam rangka melestarikan dan memantapkan kembali posisi Tari Seudati sebagai tari tradisional masyarakat Aceh. Hal ini sesuai dengan yang diutarakan oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh saat memberikan arahan pada acara tersebut.

Seluruh grup yang tampil wajib memenuhi lima rukun Tari Seudati, yaitu saleum syahi, saleum rakan, saman, syahi panyang, ekstra/lani serta penampilan panggung secara keselurahan. Penampilan  dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari Syeh Hasan Basri (Ketua), Syeh Helmi Z (Sekretaris) dan Syeh Min (anggota). Pemenang pada festival tahun ini adalah Grup Kota Banda Aceh sebagai juara I, Grup Kabupaten Aceh Selatan sebagai Juara II, Grup Kabupaten Aceh Barat sebagai Juara III, Grup Kabupaten Bireun (SMA) sebagai Juara Harapan I, Grup Kabupaten Bireun sebagai Juara harapan II dan Grup Kota langsa sebagai Juara Harapan III.

Festival Tari Seudati ini juga dilaksanakan sekaligus untuk memeriahkan Festival Kopi yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh.