Seminar Hasil Penelitian pada Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh

0
2021
IMG_1152
Seminar Hasil Penelitian dengan judul “Nilai-Nilai Budi Pekerti yang terkandung dalam Cerita Rakyat Melayu”

Banda Aceh. Dalam rangka melaksanakan penelitian, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh  melaksanakan Seminar Hasil Penelitian pada tanggal 4 s.d 10 Nopember 2013 dengan membahas sembilan judul penelitian diantaranya Simbol dan Makna Kasab, Pemetaan Suku-Suku di Simeulu, Nilai-Nilai Budi Pekerti yang terkandung dalam Cerita Rakyat Melayu, Pendidikan Keluarga Berbasis Budaya Tradisional pada Masyarakat Perkotaan di Medan, Pendidikan Keluarga Berbasis Budaya Tradisional pada Masyarakat Perkotaan di Banda Aceh,  Sejarah Demografis Aceh, Melayu Indonesia: Perubahan dan Kesinambungan Identitas Melayu di Sumatera Utara, Pejuang Aceh di Medan Area dan Transliterasi Naskah Kuno.

Seminar ini dilaksanakan dengan mengundang narasumber dan moderator, akademisi, budayawan, sejarawan dan mahasiswa untuk menampung seluruh saran, kritik serta pertanyaan-pertanyaan dari para audience untuk membuka wawasantim peneliti.

Pada Pembukaan Seminar kali ini, Kepala BPN B Banda Aceh Ibu Irini Dewi Wanti, S.S., M.SP mengatakan bahwa kegiatan seminar ini dilaksanakan sebagai bagian dari tugas dan fungsi BPNB Banda Aceh untuk menerbitkan buku hasil penelitian sejarahdan budaya pada ruang lingkup Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara. Diharapkan seminar tersebut dapat membuka wawasan serta menambah informasi menyangkut penelitian-penelitian tersebut.