Kunjungan Komisi E DPRD Jawa Timur ke BPCB Provinsi Jawa Timur

0
83

BPCB Jatim – Dalam Rangka melestarikan dan menumbuh kembangkan nilai sejarah dan budaya serta pengembangan destinasi wisata di Jawa Timur Komisi E (Kesra) Dewan Perwakilan Rakat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, hari ini 16 April 2021 mengadakan kegiatan kunjungan kerja ke kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur di Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Kedatangan rombongan disambut oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur, Drs. Zakaria Kasimin didampingi oleh Kuswanto, SS, M.Hum, Kepala Subbag Tata Usaha BPCB Jatim beserta jajarannya di Ruang Meeting Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur.

“Semoga kunjungan kali ini sebagai tinjauan awal Bapak/Ibu, dan kedepannya bisa mengunjungi situs di wilayah Jawa Timur selain situs Kumitir”, ucap Drs. Zakaria Kasimin, Kepala BPCB Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya.

Ir. H. Artono, MM, wakil ketua Komisi E yang juga sebagai ketua rombongan kegiatan menyampaikan bahwa di Trowulan terdapat kegiatan pelestarian untuk menumbuh kembangkan cagar budaya yakni BPCB Jawa Timur, karena Cagar Budaya kedepan adalah sebagai destinasi pariwisata, namun masih terdapat dinamika terkait tentang dana dan fasilitas. Dan untuk destinasi seperti Museum Emputantular yang sebagai tempat wisata edukasi, jadikan kunjungan yang menarik. Beliau juga menyampaikan harapan dari diskusi kali ini baik bagi dunia pendidikan dan pariwisata kedepannya.

Menurut Dr. Sri Untari Bisowarno, M. AP, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur, untuk mengembangkan cagar budaya diperlukan pola-pola strategis yang menjadi design khusus untuk penelitian, pelestarian, pengembangan dll. Dan juga disampaikan tentang pengembangan pola strategis tentang budaya masa lalu yang positif yang dapat diambil yang dapat dikembangkan, sehingga tidak selalu berkiblat ke budaya barat.

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha BPCB Provinsi Jawa Timur, Kuswanto, SS, M.Hum juga memaparkan sedikit mengenai sejarah kerajaan Majapahit dalam diskusi. Disampaikan juga pemaparan tentang Ekskavasi Situs Kumitir oleh Ketua Tim Kegiatan Ekskavasi Situs Kumitir BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, M.Hum.

Kunjungan kerja kali ini diikuti oleh 35 orang terdiri dari Pimpinan dan Anggota Komisi E (Kesra), Tenaga Ahli Komisi E (Kesra), Pejabat dan Staf Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur, Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur dan Dinas/Instansi terkait.(un)

TINGGALKAN KOMENTAR