You are currently viewing Teknik Kaca Patri Atau Stained Glass Dalam Hias Kuno, Jawa Tengah Sebuah Potret Warisan Budaya

Teknik Kaca Patri Atau Stained Glass Dalam Hias Kuno, Jawa Tengah Sebuah Potret Warisan Budaya

Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah telah menerbitkan beberapa buku. salah satu buku yang telah diterbitkan adalah buku berjudul Jawa Tengah Sebuah Potret Warisan Budaya. Buku ini diterbitkan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (Prof. Sumijati Atmosudira dkk /editor). Mempertimbangkan permintaan dari masyarakat maka buku ini ditampilkan di laman ini.

Teknik ini berasal dari Eropa, kaca-kaca berwarna dipotong dalam bagian-bagian dengan bentuk tertentu, kemudian dirangkaikan dengan timah sehingga membentuk pola yang dikehendaki. Kaca patri ini biasanya digunakan untuk menghias lubang-lubang cahay seperti jendela. Jika dilihat dari dalam bangunan, cahaya yang diteruskan oleh kaca berwarna-warni akan memberikan pemandangan yang indah. Teknik ini dapat dijumpai pada berbagai rumah lama, masjid, serta gereja, yang dibangun atau direnovasi pada masa kolonial atau sesudahnya.

Seringkali pada suatu benda terdapat berbagai hiasan masing-masing dibuat dengan cara yang berbeda. Selain itu, seringkali pembuatan suatu macam hiasan melewati berbagai cara. Oleh karena itu, pemilihan teknik – teknik di atas sekedar untuk mempermudah pemahaman dan bukannya membatasi teknik yang mungkin telah berkembang di Jawa Tengah.

Leave a Reply