Hari Lahir Purbakala Ke 106 Diperingati BPCB Jateng Dengan Semangat Gotong Royong

0
219

Klaten-BPCBJateng Sebentar lagi yaitu tepatnya hari Jumat, tanggal 14 Juni kita akan memperingati hari jadi lembaga purbakala. Pada tahun ini peringatan hari jadi lembaga purbakala adalah yang ke 106. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah akan merayakan hari lahir lembaga purbakala dengan berbagai kegiatan. Kegiatan dalam rangka peringatan hari jadi purbakala ini akan dimulai pada hari Kamis (13/06/2019).

Jalan sehat dan belajar mengenal konservasi batu Candi Plaosan bersama komunitas akan mengawali rangkaian kegiatan peringatan. Jalan sehat merupakan acara untuk pegawai Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Kegiatan ini akan diikuti seluruh karyawan di kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah dan perwakilan karyawan dari berbagai situs di seluruh Jawa Tengah. Selain baik untuk kesehatan, kegiatan ini bertambah menarik karena disediakan doorprize untuk peserta. Belajar mengenal konservasi batu Candi Plaosan merupakan kegiatan yang melibatkan komunitas dalam kegiatan peringatan hari jadi lembaga purbakala. Kali ini  Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah bekerjasama dengan Komunitas Reracik. Komunitas ini merupakan komunitas yang terdiri dari para penggiat sejarah dan cagar budaya.

Pada hari Jumat (14/06/2019) kegiatan peringatan akan diisi dengan upacara dan donor darah yang akan dilaksanakan di Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari jadi purbakala akan ditutup dengan kegiatan BPCB Jateng mengajar. Kegiatan ini akan mengajak siswa MTSN 1 Pati untuk terlibat langsung dalam upaya pelestarian cagar budaya dan lingkungannya.

Peringatan Hari Lahir Lembaga Purbakala kali ini cukup membanggakan karena seluruh dana berasal dari hasil iuran sukarela pegawai Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah dan pihak-pihak yang terlibat termasuk komunitas.Hari Purbakala diperingati setiap tanggal 14 Juni didasarkan pada terbentuknya institusi formal yang menangani masalah kepurbakalaan pada masa pemerintahan Kolonial Belanda yang bernama “Oudheidkundige Dienst in Nederlandsch-Indie” pada tanggal 14 Juni 1913.

TINGGALKAN KOMENTAR