Benteng Van Der Wijk Gombong

0
1798

Benteng Van Der Wijk terletak di Kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kira-kira 300 m dari jalan raya Kebumen – Yogyakarta.

Nama Van Der Wijck sendiri berasal dari nama komandan pada saat itu yang karirnya cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. Pada awal didirikan, benteng ini diberi nama Fort Cochius (Benteng Cochius) dari nama salah seorang Jenderal Belanda Frans David Cochius (1787-1876) yang pernah ditugaskan di daerah Bagelen (salah wilayah karesidenan Kedu).

Benteng Van Der Wijk Gombong dibangun pada tahun 1833. Pada awal pembuatannya benteng ini berfunhsi sebagai tempat logistik bagi tentara belanda yang berperang dalam perang Diponegoro (1825-1830). Namum pada tahun 1856, benteng ini berubah fungsi menjadi Pupillen School yaitu sekolah calon militer bagi anak-anak keturunan Eropa yang lahir di Hindia Belanda. Perubahan fungsi benteng tersebut berpengaruh pada lingkungan disekitar benteng yaitu mulai tumbuh pemukiman militer di sekitar benteng.  Pemukiman ini dihuni oleh anggota militer Belanda di Gombong. Pemukiman ini dilengkapi oleh beberapa fasilitas-fasiltas seperti tempat tinggal diluar kompleks benteng untuk perwira dan pengajar Puppilen School, Makam, Penjara, rumah dapur, pos penjagaan, barak, tempat latihan menembak, kantin, kolam renang, taman, rumah sakit, bengkel zeni, lapangan terbuka, hotek, kantor pos dan lapangan olah raga.

Saat ini Benteng Van Der Wijk dimanfaatkan oleh pemerintah daerah sebagai tempat area bermain dan bangian atapnya sebagai jalur kereta mini sedangkan ruangan-ruangan yang terletak di depan benteng digunakan menjadi tempat bermain.

TINGGALKAN KOMENTAR