Candi Replika Alam Semesta

0
560

Jika diamati candi-candi yang besar yang berada di Jawa Tengah seperti Candi Plaosan dan Candi Sewu mempunyai susunan atau komposisi yang nyaris sama pada kompleksnya. Candi utama berada di tengah atau di pusat dan dkelilingi oleh sejumlah candi-candi kecil. Masyarakat banyak yang bertanya. Melambangkan apakah susunan candi-candi ini?Apakah ada suatu konsep tertentu dalam membangun sebuah candi?

Candi adalah replika alam semesta yang digambarkan terdiri dari sebuah benua pusat dan gunung meru yang dikelilingi tujuh samudra dan tujuh rangkaian pegunungan. Benua pusat dan gunung meru dilambangkan dengan candi induk. Tujuh samudera dilambangkan oleh pagar candi induk, halaman-halaman candi induk dan candi perwara. Sedangkan tujuh pegunungan dilambangkan oleh candi-candi perwara.

Masa lalu sebuah candi didirikan melalui pemikiran yang sangat matang. Konsep keagamaan digabungkan dengan aspek fungsi dengan sangat detail sehingga menghasilkan bangunan batu yang megah. Hal ini merupakan hasil dari perencanaan jenius Bangsa Indonesia masa lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR