You are currently viewing Baksos Lintas Agama Di Candi Sewu

Baksos Lintas Agama Di Candi Sewu

Hari Minggu Tanggal, 13 Februari 2022. Kementerian Agama, melalui Kanwil Jawa Tengah dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah menggelar Baksos berupa bersih2 Candi Sewu. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada tanggal 3 Maret 2022.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti umat Hindu, namun diikuti umat lintas agama dengan Protokol kesehatan. Hidup rukun damai, gotong royong, dan harmoni seperti yang dituangkan dalam nilai bangunan cagar budaya menjadi pembelajan baik di masa lalu, masa kini, dan masa mendatang. Seperti pesan yang disampaikan Ka. Kanwil, hendaknya kegiatan ini dijadikan membangun relasi antar umat beragama yang kemuadian menjadi semangat untuk menjalin kerukunan umat beragama.

Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Candi Sewu berjarak 800 dari arca Roro Jonggrang. Candi Sewu dibangun pada masa Kerajaan Mataram yang saat itu masih menganut kepercayaan Agama Budha, yang ditandai dengan kepemilikan 46 arca Dhayani Budha, 4 arca Bodhisattwa serta kemucuk atap yang berbentuk stupa. Diperkirakan dibangun pada abad ke-8 atas perintah dari Rakai Panangkaran tahun 746-784 M. Pernyataan tersebut didasarkan pada isi prasasti Manjusrigrta yang ditulis dengan huruf jawa kuno dan bahasa Sansekerta, yang menunnjukan tahun 714 saka atau 792 Masehi.  Muskipun Raja Kerajaan Mataram beragama Hindu, tetapi pada saat itu masih memiliki hubunngan yang kuat dengan Wangsa Syailendra yang beragama Buddha. Diperkirakan Candi Sewu juga digunakan sebagai pusat keagamaan agama buddha.