You are currently viewing Merayakan Hari Museum, BPCB Jateng dan Museum BPKRI Gelar Acara Nobar

Merayakan Hari Museum, BPCB Jateng dan Museum BPKRI Gelar Acara Nobar

Klaten-BPCB Jateng Museum BPK Republik Indonesia dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa (BPCB Jateng) Tengah gelar kegiatan nonton bareng film cagar budaya Sabtu (13/10/2018). Acara ini diselenggarakan dalam rangka merayakan hari museum yang jatuh pada 12 oktober sehari sebelumnya. Acara yang merupakan hasil kerjasama antara Museum BPKRI dan BPCB Jawa Tengah ini diselenggarakan di halaman Museum BPKRI di Kota Magelang.

“Kita mengambil tema museum dan sejarah pada kegiatan nontong bareng ini” Ujar Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto. “Selain mengenalkan Museum BPK RI kepada masyarakat kami menggandeng BPCB Jawa Tengah karena kebetulan bangunan yang kita gunakan merupakan bangunan lama” ujar beliau. Pada acara nonton bareng ini panitia menggundang masyarakat yang terdiri dari guru, siswa, dan komunitas peduli museum dan cagar budaya. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah membawa bioskop keliling untuk mendukung acara ini.

Selain kegiatan nonton bareng film cagar budaya, dalam kesempatan ini juga digelar acara diskusi sejarah dan pelestarian bangunan cagar budaya yang menampilkan narasumber dari BPCB Jateng, Broto Raharjo. Topik yang dibahas adalah sejarah keberadaan bangunan yang saat ini digunakan untuk museum BPK RI. Untuk menghangatkan suasana panitia juga mengundang grup keroncong setempat untuk tampil.

(Foto by Museum BPK RI)