BPCB Gorontalo akan Laksanakan Dua Program Prioritas di Provinsi Gorontalo

0
1278

Di sela aktifitas rutin, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo Drs. Zakaria Kasimin, menerima wartawan dari Radio RH Gorontalo, Selasa (06/03).

Wawancara ini dalam rangka untuk memperoleh informasi tentang program unggulan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo Tahun 2018 di wilayah kerja provinsi Gorontalo.

Dalam wawancara tersebut Kepala BPCB Gorontalo mengatakan bahwa tahun ini ada dua program kegiatan unggulan di Provinsi Gorontalo, yaitu Zonasi Benteng Orange dan Ekskavasi Penyelamatan Benteng Maas.

Zonasi Benteng Orange dimaksudkan untuk melahirkan regulasi yang akan mengatur tata ruang objek yang menjadi cagar budaya agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh berbagai pihak dan sesuai dengan prinsip-prinsip pelestarian yang diamanahkan oleh Undang-Undang Cagar Budaya No.11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Program kedua adalah Ekskavasi Benteng Maas yang merupakan ekskavasi lanjutan dari ekskavasi pertama yang telah dilakukan sebelumnya pada tahun 2015. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui luasan dan mencari kemungkinan masih adanya struktur benteng yang belum tersingkap.