Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan INDONESIANA 2018

0
768
Rapat koordinasi Indonesiana "Multatuli Art Festival"

Salam lestari sahabat budaya,

Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Kebudayaan tentang kegiatan yang mengusung tema Indonesiana untuk  menampilkan keberagaman budaya Indonesia, pada hari Selasa, 9 Januari 2018, BPCB Banten mengundang beberapa instansi terkait dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan platform Indonesiana. Kegiatan Indonesiana 2018 ini bertajuk “MULTATULI ART FESTIVAL”. Rapat dihadiri oleh Kepala Disdikbud Provisnsi Banten, Kepala Disdikbud Kabupaten Lebak, Kepala Kantor Bahasa Banten, Kepala BPNB Jawa Barat, Kepala Balai Arkeologi Jawa Barat, Kepala Pusbang Film Kemdikbud, serta Kepala BPCB Banten selaku tuan rumah.

Agenda rapat tersebut adalah menyusun rencana kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan dalam penyelenggeraan Indonesiana serta peran serta secara aktif dari unit pelaksana teknis di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan serta pemerintah daerah. Masing-masing instansi diharapkan dapat berpartisipasi dan melaksanakan kegiatan Indonesiana yang untuk wilayah kerja BPCB Banten tahun ini akan dipusatkan di Kabupaten Lebak.

Dalam Indonesianan 2018 “Multatuli Art Festival”, BPCB banten akan melaksanakan sejumlah kegiatan yakni:

  • Rapat koordinasi dengan mengundang instansi dan stakeholder terkait pelestarian cagar budaya di wilayah kerja Provinsi Jawa Barat tentang kerjasama program unggulan;
  • Sosialisasi Undang-Undang RI Nomor 11 tahun 2010 Tentang Cagar Budaya;
  • Pameran cagar budaya;
  • Jelajah cagar budaya;
  • Pemutaran bioskop keliling;
  • Deliniasi situs Lebak Cibedug;
  • Pemetaan dan penggambaran;
  • FGD deliniasi;
  • Pendokumentasian cagar budaya tidak bergerak;
  • Penerbitan leaflet.

Pusbang Film Kemdikbud pada Indonesiana Multatuli Art Festival akan melaksanakan pemutaran film di 80 lokasi di Kabupaten Lebak serta workshop perfilman. Kantor Bahasa Banten akan menyelenggarakan pertunjukan teater, revitalisasi angklung, festival musik dan apresiasi puisi, pembinaan instruktur literasi, dan pembuatan glosarium bahasa Baduy. Balai Arkeologi Jawa Barat siap mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan BPCB Banten, terutama pameran. BPNB Jawa Barat akan menyelenggarakan pemutaran film dan diskusi tentang nilai budaya. Adapun Disdikbud Provinsi Banten akan menyelenggarakan agenda tahunan yakni seba Baduy.

Beberapa UPT di bawah Dirjen Kebudayaan beserta jajaran pemerintah daerah melaksanakan rapat koordinasi terkait kegiatan Indonesiana

Seluruh rangkaian kegiatan akan digodok lebih lanjut agar semua kegiatan tersebut bermanfaat untuk masyarakat luas. Direncanakan beberapa kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam bulan Januari hingga April 2018. Indonesiana adalah salah satu upaya untuk mengingatkan bangsa Indonesia bahwa budaya kita sangat beragam. Diharapkan masyarakat luas akan semakin mencintai dan melestarikan budaya Indonesia.

 

TINGGALKAN KOMENTAR