Mesin Cetak Oeridab

0
206

Mesin cetak Oeridab adalah mesin yang digunakan untuk mencetak Oeang Repoeblik Indenesia Daerah Banten (Oeridab). Oeridab merupakan mata uang khusus yang hanya beredar di daerah Banten semasa perang kemerdekaan 1947 – 1949. Saat itu,  pemerintah-pemerintah daerah tingkat provinsi, karesidenan dan bahkan kabupaten mengeluarkan ORIDA (Oeang Repoeblik Indonesia Daerah) atau mungkin lebih tepat disebut URIDA (Uang Republik Indonesia Daerah). URIDA terbit atas izin pemerintah pusat RI sebagai solusi masalah kelangkaan uang, yakni kekurangan uang tunai di daerah-daerah akibat terputusnya jalur komunikasi normal dan persediaan uang antara pusat dan daerah, karena semakin meluasnya daerah pendudukan Belanda sebagai akibat agresi militer I Belanda pada tanggal 21 Juli 1947 dan agresi militer II Belanda pada 19 Desember 1948.

URIDA pertama di Pulau Jawa adalah “Uang kertas Darurat untuk daerah Banten” yang dicetak pada tanggal 15 Desember 1947, di Kota Serang, Banten.

Selain digunakan sebagai mesin pencetak uang, kemungkinan mesin ini dahulu juga dipakai untuk mencetak surat kabar harian setempat pada masa pascakemerdekaan. Saat ini mesin cetak ini disimpan di sebuah ruangan di Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama.

*Penyusun artikel : Siti Rohani, S. Hum., BPCB Banten

TINGGALKAN KOMENTAR